Thursday, 19 September 2019

Tinggalkan Balai Kota, Api Abadi Asian Games 2018 Kembali ‘Berlari’

Kamis, 16 Agustus 2018 — 9:41 WIB
Gubernur Anies baswedan melepas tinder box di halaman Balai Kota, Jakarta untuk dibawa ke etape 1 di Masjid Akbar, Kamis (16/8/2018). (cw2)

Gubernur Anies baswedan melepas tinder box di halaman Balai Kota, Jakarta untuk dibawa ke etape 1 di Masjid Akbar, Kamis (16/8/2018). (cw2)

JAKARTA – Api abadi Asian Games yang telah diinapkan selama semalaman di Balai Kota DKI Jakarta, pagi tadi (16/8/2018) telah dibawa kembali menggunakan tinder box untuk dilanjutkan ke obor Asian Games yang sudah menunggu di Masjid Akbar Kemayoran.

Sebelum rangkaian acara pawai obor ini dimulai, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Sekretaris Jenderal INASGOC Eris Herryanto, Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi dan para aparatur sipil negara serta karyawan dan tamu yang hadir di Balai Kota, menyanyikan lagu Indonesia Raya terlebih dahulu. Dilanjutkan dengan penampilan tari rempuk Betawi oleh siswa-siswi SMPN 259 Jakarta dan pembacaan doa.

Sebelum api yang berada di mini cauldron diteruskan ke tinder box, terlebih dahulu Anies menyatakan kalau api dilepas dari Balai Kota menuju etape pertama di Jakarta Pusat, Masjid Akbar Kemayoran.

“Kita bersama-sama hari ini menyaksikan api Asian Games akan di bawa keliling Jakarta. Tidak jauh-jauh masih di Jakarta, dua hari kedepan mengelilingi putaran Jakarta. Yang terakhir, saya ucapkan terima kasih kepada yang pihak yang membantu. Dengan mengucapkan Bismilah, api dilepas dari balaikota mini cauldron ke tinderbox,” ujar Anies di halaman Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Api Obor

Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Pusat, Iqbal Akbarudin membawa tinder box (api abasi Asian games) menuju Masjid Akbar kemayoran. (cw2)

Anies pun memindahkan api abadi Asian Games tersebut dari mini couldron ke tinder box. Selanjutnya tinder box ini diserahkan kepada Eris selaku Sekjen INASGOC. Kemudian tinder box ini dibawa menuju Masjid Akbar dengan rombongan dari INASGOC, kepolisian, Dinas perhubungan, oleh Sekretaris Kota Adm Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin.

Nantinya, api dari tinder box ini akan dipindahkan ke obor Asian Games yang telah menunggu di etape satu Jakarta Pusat. Di mana, Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara yang akan menerima tinder box tersebut.

Adapun obor Asian Games ini akan diarak keliling Jakarta Pusat , Jakarta Barat dan Jakarta Utara. Danau Sunter menjadi titik akhir dari pawai obor hari ini. (cw2/mb)