Sunday, 23 September 2018

Unik! Balapan Vespa Rayakan HUT Kemerdekaan RI

Minggu, 19 Agustus 2018 — 20:43 WIB
Ratusan pebalap mengikuti lomba perlombaan grastrack vespa di Sukabumi.

Ratusan pebalap mengikuti lomba perlombaan grastrack vespa di Sukabumi.

SUKABUMI – Kemeriahan peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan RI masih terus menggema di berbagai pelosok. Kali ini, komunitas vespa menggelar perlombaan grastrack vespa di sirkuit Babakan, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (19/8/2018).

Peminat balapan terbilang unik ini cukup tinggi. Pesertanya mencapai 147 orang. Mereka bukan cuma berasal dari Kabupaten dan Kota Sukabumi hingga dari Cianjur serta Banten.

Dalam balapan yang sudah dihelat kali kedua ini mempertandingkan tiga kategori lomba, yakni kelas standar, tune up dan FFA. Jumlah peserta secara keseluruhan mencapai sebanyak 147 orang. Panjang lintasan balap mencapai 800 meter dengan medan yang naik turun penuh tikungan tajam. Benar-benar menantang.

balapan vespa-2

Ketua Panitia Grasstrack Vespa, Muhammad Ridwan, menjelaskan kegiatan ini digagas para komunitas vespa di Sukabumi dan pemuda di Kampung Babakan, Sukakarya. Kini sudah menjadi agenda rutin setiap momen menyambut Hari Kemerdekaan.

“Vespa dipilih karena unik dan bisa mengajarkan untuk saling silaturahmi. Balap vespa ini juga untuk menyalurkan bakat dari para pemuda, sebelumnya seringkali balapan liar kini bisa menyalurkannya di sirkuit ini,” terangnya.

Faturahman (25), peserta, mengaku balapan ini bisa menyalurkan hobi dan pecinta Vespa lain dalam unjuk kebolehan menunggangi kuda besinya.

“Ini menantang. Tak semua orang bisa mengendalikan Vespa di medan sirkuit, apalagi pas belokan tajam,” tukasnya. (sule/yp)