Monday, 19 November 2018

Indonesia Bisa dan Indonesia Hebat

Senin, 20 Agustus 2018 — 5:29 WIB

PESTA olahraga bangsa-bangsa Asia sudah resmi dibuka.  Acara opening ceremony atau pembukaan Asian Games 2018 yang mulai digelar pukul 19.00 pada 18 Agustus sangat meriah. Warga baik yang datang langsung ke Stadion Gelora Bung Karno (GBK) maupun  melelaui televisi dan media lainnya terpukau.

Aneka seni dan budaya yang disajikan di atas panggung megah serta kembang api yang menghiasi langit Stadion GBK bagai menghinoptis penonton opening ceremony pesta olahraga bangsa-bangsa Asia pada musim panas itu.

Pendek kata pesta pembukaan olahraga terbesar sepanjang sejarah Indonesia sangat keren. Hampir semua penonton  di Stadion GBK koor menyatakan bangga menjadi bangsa Indonesia. Mereka mengaku puas dengan aksi demi aksi yang disajikan pada Opening Ceremony.

Opening Ceremony berlangsung mulus. Kini saatnya atlet-atlet Indonesia mengerek prestasi setinggi langit di pesta olahraga bangsa-bangsa Asia 2018,  sehingga publik semakin bangga.

Pada Asian Games 2014  di Incheon, Korea Selatan, Indonesia mengukuhkan diri di urutan  ke-17 dalam daftar perolehan medali yakni 20 medali. Rinciannya, empat emas, lima perak, dan 11 perunggu.

Prestasi empat tahun lalu diyakini publik pada Asian Games Jakarta-Palembang kali ini bisa terlampau. Bahkan, Presiden Jokowi menargetkan Indonesia masuk  10 besar.
Asian Games 2018 diikuti 45 negara dengan 40 cabang olahraga yang dipertandingkan. Dari 40 cabang olahraga itu, 10 diantaranya cabang olahraga baru.

Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) menyebutkan, setidaknya ada 15 cabang olahraga bagi Indonesia yang berpotensi menyumbang medali emas di Asian Games 2018.

Cabang olahraga itu yakni  panahan, bulutangkis, atletik boling,   bridge,  kano/rowing, sepeda,  jetski,  karate,  paragliding,  pencak silat, sport climbing, taekwondo, angkat besi, dan wushu.

Mencermati banyaknya cabang olahraga andalan dan berpotensi meraup medali, tidak berlebihan bila target yang dipatok Presiden Jokowi masuk 10 besar perolehan medali dalam pesta olahraga bangsa Asia itu bisa terpenuhi.

Selain pahlawan olahraga berupaya keras mengharumkan nama Indonesia,  sudah seharusnya semua anak bangsa mensuportnya. Berikanlah dukungan maksimal terhadap atlet Indonesia, sehingga apa yang ditargerkan bisa terpenuhi bahkan terlampau.

Bakar semangat para atlet, agar mereka  bisa mengerek prestasi setinggi langit. Tunjukkan pada dunia bahwa Indonesia itu bisa dan hebat. Hebat sebagai penyelanggara Asian Games 2018, dan hebat prestasi olahraganya. @*