Wednesday, 19 September 2018

Inilah Arti Semangat!

Senin, 20 Agustus 2018 — 6:25 WIB
sentilan

LUAR biasa! Itulah  yang patut diucapkan bagi anak bangsa yang telah menampilkan karya besarnya, yang juga luar biasa, dalam pembukaan Asian Game 2018, di GBK, Jakarta, Sabtu malam lalu.

Memukau, penampilan para seniman, dalam gerak dan lagu. Ada tari dan lagu daerah. Dan semua menjadi satu kesaatuan semangat olah raga, bagi banga-bangsa se-Asia.

Bagi bangsa Indonesia sendiri, bukan sekadar olah raga, tapi juga bertepatan dengan HUT-73, kemerdekaan RI. Kita, bukan hanya punya ribuan pulau, dengan  ratusan budaya, bahasa dan adat istiadat yang berbeda-beda, tapi itu semua sudah disatukan sejak ratusan tahun yang silam, dalam bentuk .Bhineka Tunggal Ika.

Momen yang sangat penting memang, itu pun tidak disia-siakan oleh para  seniman untuk menyampaikan bahwa Indonesia memang kaya raya. Kaya buminya, kaya lautnya, kaya  udaranya. Lihat di laut dan di langit kita jaya. Kapal laut dan kapal udara  bisa melalui dan terbang mengangkasa. Dan lihatlah Merah Putih berkibar di langit, betapa megahnya.

Ayo, tunjukan pada bangsa di Asia dan dunia, bahwa kita adalah bangsa yang ramah. Tunjukan pada dunia bahwa negeri ini aman, nyaman dan sejahtera.

Bagaimana caranya? O, tentu saja bagi para atlet, tunjukan sikap sportif. Artinya, jangan ada curang, apalagi main sogokmenyogok. Itu korupsi. Malu sama dunia! Kalau kalah, ya legowo. Menang, bersyukur Alhamdullillah. Jangan mendongak. Ingat di atas langit, masih ada langit!

Bagi masyarakat luas pun begitu, sambutlah tamu kita dengan ramah. Manjakan mereka, kenalkan bahwa ‘inilah kami bangsa Indonesia yang ramah’. Jangan sebaliknya, tamu disakiti. Kasihan, para sahabat yan telah berkarya dalam sambutan dan pembukaan yang luar biasa, jadi sia-sia!

Oke, selamat berjuang. Jadilah pahlawan sejati untuk bangsa dan negara. Maju tertus, pantang mundur. Tunjukan bahwa kita Indonesia, bisa!- (massoes)