Wednesday, 19 September 2018

Raih Medali Emas, Eko Penuhi Target PB PABBSI

Selasa, 21 Agustus 2018 — 17:46 WIB
Eko Yuli Irawan (reuters)

Eko Yuli Irawan (reuters)

JAKARTA – Medali emas kembali diraih Tim Indonesia di Asian Games 2018 lewat cabang olahraga (cabor) angkat besi. Adalah Eko Yuli Irawan yang menyumbang satu medali emas dari kelas 62 kilogram putra dengan total angkatan 311 kg di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Selasa (21/8).

Lifter andalan Indonesia itu, mengalahkan atlet Vietnam Vinh Van Trinh dengan total angkatan 299kg dan meraih medali perak. Sedangkan peraih perunggu diraih Adkhamjon Ergashev (Uzbekistan) dengan total angkatan 298 kg.

Ini adalah medali emas kelima Tim Indonesia di Asian Games 2018, sekaligus medali emas pertama dari cabor angkat besi. Raihan satu medali emas ini sudah cukup memenuhi target yang patok pemerintah kepada PB PABBSI, selaku induk olahraga angkat besi.

Eko yang tampil terakhir ketika lifter lainnya sudah melakukan tiga angkatan snatch, membuka angkatan dengan 137kg setelah Adkhamjon Ergashev dari Uzbekistan melakukan angkatan ketiga seberat 136kg. Lifter kelahiran Lampung 1989 itu bahkan tidak perlu mengeluarkan banyak keringat untuk mengangkat angkatan snatch pertamanya. Ia kemudian menambah beban pada angkatan kedua menjadi 141kg. Dia mengangkatnya dengan mulus.

Sayangnya, pada angkatan ketiga seberat 145kg, Eko gagal. Meski begitu Eko tetap unggul dari pesaingnya, Adkhamjon Ergashev dan Van Vinh Tinh (Vietnam) yang masing-masing hanya mampu mengangkat 136 kg dan 133kg. Sementara itu pada angkatan Clean & Jerk, Eko mengawalinya dengan 165kg. Beban yang sama juga diangkat oleh lifter Korea Utara Bom Chol Sin. Sedangkan Vinh Van Trinh hanya mengangkat 162kg.

Tapi, angkatan pertama Bom Chol gagal, sedangkan Eko mulus dan langsung menaikkan beban menjadi 170kg untuk angkatan kedua. Pencapaian tersebut menjadi yang tertinggi meski Eko gagal mengangkat 175kg di angkatan ketiga. Hal itu membuat lifter Vietnam Van Vinh Tinh mencoba mengangkat 177kg di angkatan ketiga, tapi kandas. (junius/b)