Thursday, 15 November 2018

Satpol PP Berseragam Baru Semoga Lebih Humanis

Kamis, 23 Agustus 2018 — 5:02 WIB

ADA yang beda dari sosok Satpol PP Pemprov DKI Jakarta. Selama Asian Games 2018, mereka berpenampilan baru dengan seragam celana kuning gading, berkaos orange, dan sepatu coklat muda.

Penampilan baru ini bagian menciptakan suasana kondusif. Perubahan seragam Satpol PP juga untuk memberikan image humanis kepada masyarakat karena selama ini dalam menjalankan tugas terkesan menyeramkan dan lebih mengedepankan sikap represif daripada persuasif.

Tak jarang dalam bertugas berbenturan dengan kelompok masyarakat tertentu seperti pedagang Kaki-5 dan lainnya. Satpol PP malah terkesan bermusuhan dengan pedagang sektor informal itu, sehingga banyak pihak yang mendorong petugas pengawal Peraturan Daerah (Perda) Ketertiban Umum ini dibubarkan.

Pihak yang meminta Satpol PP dibubarkan, menilai dalam menjalankan tugas terkesan arogan dan mengedepankan sikap represif. Bahkan, kadang ada petugas pengawal Perda Ketertiban Umum memanfaatkan kedudukannya untuk kepentingan pribadi.

Meski sudah dibantah pejabat terkait di lingkungan Pemprov DKI Jakarta, beberapa waktu lalu Ombudsman sempat merilis terhadap temuannya seputar praktik pungli yang diduga dilakukan oknum anggota Satpol PP terhadap pedagang Kaki-5 di sejumlah wilayah Jakarta.

Praktik kongkalikong itu, dilakukan oknum petugas dengan melibatkan preman. Modusnya, si oknum petugas menggunakan tangan preman untuk memungut uang dengan janji memberikan keleluasaan pedagang Kaki-5 berjualan di tempat terlarang.

Kini Satpol PP berpenampilan baru. Setidaknya selama hajat besar berlabel Asian Games 2018, petugas pengawal Perda Ketertiban Umum berseragam cerah.

Harapan publik di balik penampilan baru, paradigma Satpol PP dalam menjalankan tugas juga berubah. Jalankan tugas dengan mengedepankan sikap persuasif. Hindari cara represif yang justru kadang membuat gaduh. Laranglah pedagang yang berjualan di lokasi terlarang sejak awal bukan menunggu setelah jumlahnya banyak, sehingga mudah mengaturnya.

Bila dengan penampilan baru memunculkan aura positif, pasca Asian Games silakan saja seragam ngejreng Satpol PP ini diteruskan dan dipatenkan untuk selamanya.

Lebih penting lagi Satpol PP juga harus meningkatkan SDM (Sumber Daya Manusia) yang disesuaikan kebutuhan kekinian seperti menguasai IT dan sejenisnya. Seragam baru semoga Satpol PP lebih humanis. @*