Monday, 19 November 2018

Hadiah dari Panglima TNI Reza Menyusul Kisah Joni

Jumat, 24 Agustus 2018 — 6:59 WIB
bendera

REZA, 12, lebih dulu panjat tiang bendera yang macet kerekannya, ketimbang Joni, 13. Tapi karena Joni lebih dulu diviralkan di medsos, dialah yang banjir hadiah. Kini Reza gantian diviralkan, dan memancing perhatian Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto. Reza pun dapat hadiah.

Kebajikan itu perilaku luar biasa, apa lagi dilakukan oleh bocah. Tapi berkat medsos, kehebatan bocah-bocah itu bisa jadi viral dan memancing perhatian publik. Kalangan pejabat dan orang berduit pun bisa mengapresiasi kehebatan bocah itu. Tak sekedar sanjungan tapi juga bentuk materi.

Adalah Joni, pelajar SMP dari Kabupaten Belu, NTT. Pada peringatan HUT ke 73 73 di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Motain, Kabupaten Belu, bersama murid SMP yang lain Joni juga ikut dalam barisan upacara bendera tersebut. Tapi karena pusing-pusing, Joni keluar dari barisan dan istirahat.

Saat Sang Saka hendak dikibarkan, tiba-tiba tali kerekan bendera itu macet. Melihat kondisi itu Joni tergerak hatinya. Agar bendera itu bisa berkibar, dengan gagah berani dia memanjat tiang setinggi 23 meter itu tanpa ragu. Roda penghubung tali bendera itu dibetulkan, dan upacara pengibaran Merah Putih pun berlangsung tanpa kendala.

Kisah heroik Joni jadi viral di medsos. Menpora Imam Nahrawi dan Presiden Jokowi mengundangnya ke Jakarta. Penghargaan untuknya pun mengalir. Pengacara kondang nan tajir, Hotman Paris memberikan hadiah uang tunai Rp 50 juta, PLN Peduli juga menjanjikan bea siswa hingga sarjana S1.

Jauh sebelum Joni, Reza Mangar yang sama-sama juga dari NTT, ternyata Desember 2017 juga berbuat serupa. Dia juga panjat tiang bendera ketika kerekan macet, saat HUT Kabupaten Aru. Kala itu juga ada yang memberitakan, tapi belum menarik perhatian praktisi medsos.

Bertolak dari kisah mujur Joni, entah siapa yang mengunggah, kisah Reza Manggar itu pun jadi viral. Kali ini rupanya Panglima TNI Hadi Tjahjanto melihatnya. Tak mau kalah dengan Presiden Jokowi, Menpora dan Hotman Paris, bocah itu diundang ke Jakarta dan diberi hadiah bea siswa sampai SMA, perbulan Rp 1 juta.

Reza memang anak yatim dan putus sekolah, dia tertolong nasibnya berkat diviralkan di medsos. Meski dia lebih dulu berbuat kebajikan, kala itu tak ada yang peduli. Baru setelah diviralkan belakangan, Panglima TNI tergerak. Tapi karena sudah keduluan kisah Joni, hadiah Panglima TNI itu tak surprise lagi. – gunarso ts