Saturday, 17 November 2018

Ini Agus Gumiwang, Menteri Sosial Pengganti Idrus Marham

Jumat, 24 Agustus 2018 — 18:43 WIB
Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai  menteri sosial ysng baru (rihadin)

Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai menteri sosial ysng baru (rihadin)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo melantik Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai Menteri Sosial. Ia adalah anak Ginandjar Kartasasmita, menteri di era Orde Baru.

Sejatinya, ada hal menarik dalam karir politik yang ditekuni Agus sejak saat ia berusia 28 tahun. Pada Pemilihan Presiden 2014, ia bersama kader muda Golkar lain memilih mendukung pasangan Jokowi-Jusuf Kalla.

Padahal saat itu, Golkar mendukung Prabowo-Hatta Rajasa. Buntut aksinya, lelaki kelahiran Jakarta, 3 Januari 1969 ini dicopot dari partai berlambang beringin tersebut.

(Baca: Presiden Jokowi Lantik Agus Gumiwang Jadi Menteri Sosial)

Sebelum sampai di titik sekarang, Agus sudah menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden pada 2019-2014. Ia juga menjadi Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) saat Megawati Soekarnoputri menjadi presiden. Saat itulah, Agus menjadi anggota DPR dari daerah pemilihan Jawa Barat II.

(Baca: 7 Kardus Barang Pribadi Idrus Marham Diangkuti dari Kementrian Sosial)

Suami Loemongga yang telah memberinya tiga anak ini mulai berkenalan dengan dunia politik di usia 28 tahun dengan menjadi anggota MPR dari undur pengusaha. Ia menjabat sebagai anggota DPR dari Golkar selama empat periode berturut-turut. Mulai dari 1999-2004 sampai 2001-2018.

(Baca: 7 Bulan Jadi Menteri Sosial, Idrus Marham Panggil Staf dengan Sebutan Khusus)

Menurut Ketua Umum Golkar , Airlangga Hartarto, Agus sudah lama dipersiapkan untuk menjadi pejabat publik. “Pak Agus salah satu yang akan dicalonkan juga jadi Ketua DPR,” ujar Airlangga di Istana Merdeka, Jumat, 24 Agustus 2018. (*/yp)