Wednesday, 14 November 2018

Inilah Pahlawan Sejati

Jumat, 24 Agustus 2018 — 6:34 WIB
cok

TUJUAN bertanding, berlomba atau adu apa saja, adalah kemenangan! Maka, untuk mencapai hal tersebut, petanding akan berusaha sekuat tenaga mempersiapkan diri tampil prima.

Bisa dilakukan oleh seorang olahragawan atau atlet untuk terjun dalam pertandingan. Ya, tentu saja mempersiapkan diri, dengan latihan yang serius, fisik dan mental. Bukan saja otot, tapi juga taktik dan strategi, bagaimana cara menumbangkan lawan.

Banyak juga yang mempersiapkan dengan curang, seperti menggunakan doping, obat kuat dan juga main belakang. Misalnya mempengaruhi wasit dsb. Kayaknya bukan itu ya, tujuan dari pertandingan olah raga, apa pun yang dipertandingkan. Karena dalam olah raga ada motto sportivitas. Tidak kasar, dalam bentuk apa pun. Dan kalah menang harus diterima dengan baik. Itulah olah raga!

Jadi, soal menang kalah, itu bisa jadi nomor sekian. Ketika juga ada atlet yang berjuang sekuat tenaga, mati-matian untuk menampilkan yang terbaik. Maka, ketika dia kalah pun, masyarakat penonton tidak akan menyalahkannya. Bahkan sebaliknya, memuji dengan rasa bangga.

Tengok saja, dalam pertandingan bulu tangkis yang berlangsun Rabu malam lalu, di Istora Senayan, dalam ajang Asean Games 2018. Betapa luar biasanya pemain Indonesia, mencoba menaklukkan lawannya. Bahwa kemudian kalah, itu faktor lain.

Betul, itulah yang dutunjukan oleh Anthony Ginting. Kalau saja, dia tidak terserang cidera, kram yang mendera kakinya, kemungkinan menang bisa terwujud! Tapi Dewi Fortuna lagi nggak berpihak padanya. Padahal dengan menahan rasa sakitnya, dia masih berusaha, walaupun kemudian harus menyerah, ketika kakinya tak mampu digerakkan.

Maka, masyarakat penonton pun, mengelu-elukannya. Bukan soal memang atau kalah, tapi bagaimana seorang atlet telah berusaha keras tampil di arena. Itulah yang perlu diacungi jempol. Kau pahlawan sejati, Bung! –massoes