Friday, 21 September 2018

LSI : Jokowi-Ma’ruf Ungguli Prabowo-Sandi di Kategori Pemilih Muslim

Jumat, 24 Agustus 2018 — 15:50 WIB
Pemaparan hasil survey LSI .(rihadin)

Pemaparan hasil survey LSI .(rihadin)

JAKARTA –   Hasil Survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil surveinya menyebut pasangan Jokowi-Ma’ruf unggul dari pasangan Prabowo-Sandi dalam pertarungan ‘pemilih muslim VS pemilih muslim di Enam kategori Pemilih Muslim’.

Peneliti  LSI  Rully Akbar mengatakan, bahwa total pemilih Muslim di Indonesia minimal 85% populasi. Pasangan capres-cawapres yang menang telak akan menjadi presiden Indonesia selanjutnya.

“Sejauh ini Jokowi – Ma’ruf, unggul di pemilih muslim termasuk juga di semua kategorinya, yaitu kategori asosiasi dengan ormas (organisasi masyarakat), kategori pandangan agama dan politik, kategori Hpe negara ideal, kategori frekuensi prakHk ibadah, dan kategori tokoh panutan,” kata Rully Akbar di kantor LSI, Jl. Pemuda, Jumat (24/8/2018).

rulli1

Rully memaparkan, kategori Asosiasi dengan ormas, Jokowi – Ma’ruf unggul di segmen NU, Muhammadiyah, dan ormas lainnya. Prabowo – Sandi unggul di PA 212. Kategori pandangan politik, Jokowi – Ma’ruf unggul di semua segmennya. Kategori type negara ideal, Jokowi – Ma’ruf unggul di semua segmennya. Frekuensi praktik ibadah dan kategori panutan tokoh, secara mayoritas, Jokowi – Ma’ruf juga unggul.

Survei ini dilakukan pada tanggal 12-19 Agustus 2018 melalui face to face interview menggunakan kuesioner. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan 1.200 responden dan margin of error sebesar +/- 2,9 %.

Survei dilaksanakan di 33 provinsi di Indonesia. “Kami juga melengkapi survei dengan peneliHan kualitaHf dengan metode analisis media, FGD, dan in depth interview. Survei ini dibiayai sendiri oleh LSI,” kata Denny JA.

Dalam kategori  asosiasi pada ormas Islam, lanjut Rully ada banyak ormas Islam tetapi yang menjadi top 3 yaitu: Nahdatul Ulama (NU), Muhammadiyah, dan PA 212.

“Mereka yang menyatakan terasosiasi dengan NU sebanyak 41.3%, Muhammadiyah sebanyak 6.3%, PA 212 sebanyak 3.6%, Ormas Islam lainnya 1.4%, Tidak merasa bagian dari ormas Islam manapun sebanyak 27.0%. Warga Komunitas NU paling besar bahkan lebih dari enam kali lipat dibandingkan warga komunitas lain,” katanya.

Pada segmen NU, Jokowi – Ma’ruf, unggul di angka 54.7%, dibanding Prabowo – Sandi di angka 27.0%. Di segmen Muhammadiyah Jokowi – Ma’ruf unggul diangka 50%, dibandingkan Prabowo – Sandi diangka 35.7%.

Satu segmen yang Prabowo – Sandi unggul yaitu di segmen PA 212, Prabowo – Sandi di angka 61.1%, Jokowi – Ma’ruf 27.8%.

“Dalam kategori asosiasi pada ormas, Jokowi – Ma’ruf unggul di semua segmen kecuali di segmen yang mengidentifikasi dirinya sebagai PA 212,” ucap Rully. (rizal/tri)