Tuesday, 25 September 2018

Presiden Jokowi Lantik Agus Gumiwang Jadi Menteri Sosial

Jumat, 24 Agustus 2018 — 16:51 WIB
Presiden Jokowi melantik Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai menteri sosial ysng baru di Istana Negara, Jakarta (rihadin)

Presiden Jokowi melantik Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai menteri sosial ysng baru di Istana Negara, Jakarta (rihadin)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo melantik Agus Gumiwang Kartasasmita mnejadi Menteri Sosial, Jumat (24/8/2018). Pelantikan di Istana Merdeka ini untuk menggantikan Idrus Marham yang mengundurkan diri.

Usai pelantikan, Presiden juga memimpin pengucapan sumpah jabatan Agus. Saat membacakan sumpahnya itu, sebuah kitab suci Al Quran dipegang rohaniwan di atas kepala politisi Golkar tersebut. Selanjutnya, dilakukan penandatanganan berita acara pelantikan yang dilakukan Agus dan Presiden Jokowi.

Usai pelantikan, Agus mendapat ucapan selamat dari Presiden, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan para menteri yang hadir.
Sebelumnya, Idrus Marham menghadap Jokowi di istana untuk menyjampaikan pengunduran dirinya. Ia akan fokus menghadapi masalah hukum yang menyeretnya.

Idrus juga menyatakan dirinya telah berstatus sebagai tersangka setelah KPK memberi informasi terkait penyidikan dirinya dalam kasus dugaan suap proyek PLTU Riau-1.

Sebelumnya, ia telah dimintyai keterangan sebagai saksi kasus yang menyeret nama politisi Golkar Eni Saragih sebagai tersangka. Tersangka lainnya adalah Johannes Budisutrisko Kotjo, bos Blackgold Natural Resources Limited. (*/yp)