Wednesday, 14 November 2018

Wapres JK, Berharap Indonesia Bertahan di Lima Besar Perolehan Medali

Sabtu, 25 Agustus 2018 — 14:56 WIB
JK usai menonton pertandinga Ju-Jitsu. (yendhi)

JK usai menonton pertandinga Ju-Jitsu. (yendhi)

JAKARTA –  Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) berharap kontingan Indonesia mampu mempertahankan posisi lima besar perolehan medali emas dalam ajang Asian Games 2018.

Hal itu disampaikan orang nomor dua di Indonesia tersebut usai menonton langsung aksi Julia Simone yang bertanding melawan atlet Almatrooshi asal Uni Emirat Arab dalam laga perempat final cabang olahraga Ju-Jitsu kelas 62 Kg. Dalam pertandingan yang digelar di Jakarta Convention Centre (JCC), Senayan tersebut, Julia unggul 2-0 dari Almatrooshi.

“Mudah-mudahan kita bisa bertahan sampai akhir, karena masih banyak cabang olahraga yang mempunyai kesempatan untuk mendapatkan emas,” kata JK di kawasan JCC, Sabtu (25/8/2018).

Setelah menonton pertandingan Ju-Jitsu, JK juga sempat menyaksikan pertandingan cabang olahraga Karate. Selanjutnya, JK akan kembali menyaksikan cabang olahraga bulutangkis (badminton) saat partai final. “Insya Allah (nonton bulutangkis), nanti final nya saya,” ucapnya singkat.

Seperti diketahui, hingga saat ini Tim Indonesia telah mengumpulkan medali emas sebanyak 9 medali, 12 perak, dan 16 perunggu dengan jumlah total 37 medali. Medali-medali tersebut membuat Indonesia berada di posisi ke-lima klasemen terbanyak medali.

Sementara medali terbayak disabet oleh atlet China sebanyak 143 medali dengan rincian 70 medali emas, 47 medali perak, dan 29 medali perunggu. Posisi kedua adalah Jepang yang mengemas 107 medali dengan rincian 33 medali emas, 41 medali perak, dan 43 medali perunggu.

Pada posisi ke-tiga ada Korea Selatan dengan jumlah 79 medali yakni 23 medali emas, 26 medali perak, dan 30 medali emas. Posisi ke-empat diduduki oleh Iran yang mengumpulkan 12 medali emas, 11 medali perak, dan 8 medali perunggu dengan jumlah total 31 medali. (yendhi/mb)