Wednesday, 19 September 2018

Kemarau Panjang Tukang Bor Air Banjir Order

Minggu, 26 Agustus 2018 — 7:12 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA – Musim kemarau yang berkepanjangan membawa berkah bagi penjual jasa bor pompa air. Warga yang kesulitan air banyak membuat sumur baru atau memperdalam pompa airnya. Hal ini membuat order tukang bor jadi melimpah.
Ita, 55, salah satu jasa bor pompa air di kawasan Taman Puring Kebayoran Lama, Jakarta Selatan mengaku di musim kemarau ini banyak warga yang memanfaatkan jasanya. Hampir setiap hari, dirinya menerima order atau panggilan untuk memperdalam galian atau bor pompa air dan membuat sumur pompa baru.

“Saya sampai kewalahan dalam menerima panggilan. Mereka yang datang ini berasal dari kawasan Kebayoran, Kostrad, Bintaro. Sekali pengeboran air bisa mencapai 30 meter, itu merupakan ukuran standar untuk perumahan selain itu karena pengerjaan yang dilakukan masih manual,”terang Ita, Sabtu (25/8/2018).

Sebagian warga memperdalam sumur dengan cara mengebor. Parahnya, meski sudah di bor 12 meter, baru nemu sumber mata air dan itupun tidak semua wilayah dapat. Bahkan ada juga yang sampai 15 meter lebih baru menemukan air.

Dalam memperdalam sumur bor ini dirinya mematok harga antara Rp1,5 juta hingga 3 juta rupiah. Pengerjaannya di bantu dengan 2 orang temannya dan selesai dalam waktu 3 sampai 5 hari.

“Di Jakarta masih terbilang aman dari bencana kekeringan karena pada kedalaman 12 meter ke bawah masih bisa menemukan air yang bisa digunakan untuk keperluan rumah tangga,”terangnya. (m3/wandi/ta/ird)