Saturday, 22 September 2018

Nasihat Bapak Kepada Anak Jadi Menteri Harus Hati-Hati

Senin, 27 Agustus 2018 — 5:22 WIB
agus-mensos

APES bagi Idrus Marham, mujur buat Agus Gumiwang Kartasasmita. Sebab setelah Menteri Sosial itu mundur secara dini gara-gara jadi tersangka KPK, Presiden Jokowi tanpa diduga menunjuk Agus Gumiwang jadi penggantinya. Ginanjar Kartasasmita ayah Agus pun menasihati, “Hati-hati jadi menteri, jangan tergoda.”

Pepatah lama mengatakan, buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Maksudnya adalah: perilaku anak tak jauh dari ayahnya. Tapi bisa juga untuk peruntungan, sehingga banyak kejadian, bapak jadi menteri, anaknya pun menurun jadi menteri. Tapi ada juga, bapak jadi menteri, anak hanya jadi mantri pengairan!

Biasanya, bapak jadi menteri, anak memanfaatkan jabatan sang ayah. Maka kita pernah mendengar, ketika Syarief Hasan jadi Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) era SBY, putranya yang bernama Riefan Avrian memborong proyek di kementrian. Proyek videotron jadi kasus, karena pekerjaan tidak beres dan Riefan pun masuk penjara.

Jabatan menteri menurun ke anak, banyak terjadi. Sumantri Brojonegoro Menteri Pertambangan era Orde Baru, anaknya jadi Menteri Keuangan (Bambang Brojonegoro).

Menparposter Susilo Sudarman, anaknya jadi Menko Maritim (Indroyono Susilo). Lalu Menteri Perindustrian Hartarto, anaknya jadi Menteri Perindustrian pula (Erlangga Hartarto).

Dan kini, Ginanjar Kartasasmita. Awalnya dia jadi Menteri Muda Urusan Produksi Dalam Negeri, lalu menjadi Menteri Pertambangan berkali-kali di era Orde Baru. Tapi Orde Baru tumbang dia masih dipercaya juga jadi Ketua DPD. Pernah juga jadi Wakil Ketua MPR.

Peruntungan keluarga terus bersinar, karena Jumat lalu putranya yang bernama Agus Gumiwang Kartasasmita dilantik jadi Mensos menggantikan Idrus Marham yang mundur karena terseret kasus PLTU Riau. Tak jelas, ini maunya Jokowi atau karena sodoran Ketum Golkar Erlangga Hartarto. Kata pengamat, dipilihnya Agus Gumiwang karena untuk mendongkrak elektabilitas Jokowi yang jeblok di Jabar.

Ginanjar Kartasasmita ikut menyaksikan pelantikan Agus Gumiwang oleh Presiden Jokowi. Dia terharu dan bangga, karena masih bisa menyaksikan putranya jadi menteri. Ginanjar pun berpesan, “Menjadi menteri harus hati-hati, jangan tergoda!”

Ini agaknya nasihat karena berdasarkan pengalaman pribadi. Saat Orde Baru tumbang, Mentamben Ginanjar Kartasasmita pernah diungkit keterlibatannya dalam kasus kilang Balongan, Indramayu. Sempat ditahan juga, tapi akhirnya kasus itu di SP3 karena dinilai sudah kadaluwarsa. – gunarso ts