Saturday, 22 September 2018

Berebut Medali Emas, Jojo Tidak Diunggulkan Lawan Tien-Chen Chou

Selasa, 28 Agustus 2018 — 6:50 WIB
Jonatan Christie atlet DKI saat meraih medali emas di tunggal putra bulutangkis Asian Games 2018. (reuters)

Jonatan Christie atlet DKI saat meraih medali emas di tunggal putra bulutangkis Asian Games 2018. (reuters)

JAKARTA – Hari ini, Selasa (28/8/2018) partai final cabang olahraga bulutangkis tunggal putra Asian Games 2018 akan mempertemukan antara Jonatan Christie dari Indonesia dengan pebulutangkis China Taipe, Tien-Chen Chou.

Pertandingan di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta digelar pukul 12.00 WIB dipastikan berlangsung sengit untuk merebutkan medali emas. Hasil pertandingan menjadi penentu kualitas dari Jonatan dan Chou.

Tien-Chen Chou tidak akan mudah dikalahkan oleh Jonatan. Pasalnya, meski Chou sudah menginjak usai 28 tahun atau terpaut 8 tahun lebih tua dari Jonatan yang berusia 20 tahun, tetapi Chou adalah pebulutangkis peringkat 6 dunia sedangkan Jonatan peringkat 11 dalam Batminton World Federation (BWF).

Dari segi tinggi badan Jojo panggilan untuk Jonatan juga lebih pendek 1 centimeter dari Chou yang memiliki tinggi 180 centimeter. Keduanya sama-sama mengandalkan tangan kanan dan memiliki smas sama kuat.

Di atas kertas, Chou lebih unggul dari Jonatan jika dilihat dari perolehan juara. Jojo pernah mengantong medali emas setelah mengalahkan andalan Thailand, Khosit Phetpradab dalam nomor tunggal putra di Sea Games 2017, Kuala Lumpur, Malaysia.

Meski tidak juara, namun pada 2016 Jhonatan pernah mengalahkan juara dunia China, Lin Dan pada turnamen Indonesia Open Super Series Premiere 2016 dengan skor 21-12, 21-12.

Sementara Tien-Chen Chou sebagai peringkat ke-6 dunia memiliki segudang prestasi, setidaknya ada lima juara. Chou yang mengalahkan Anthony Ginting pada babak semifinal tunggal putra Asian Games 2018 sempat menjadi juara German Terbuka Grand Prix Gold 2017.

Kemudian juara Grand Prix Gold Thionghoa Taipei Terbuka pada 2016 lalu. Chou juga menjuarai turnamen Bitburger Badminton Open tiga kali berturut-turut pada 2012, 2013, dan 2014.

Namun, track record masing-masing individu tidak bisa menjadi patokan dalam pertandingan. Jonatan akan lebih diunggulkan karena kali ini Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Games 2018 dengan ribuan suporter siap memberi dukungan buat Jojo di Istora.

Dalam partai final ini Jojo diharapkan mampu menyabet emas untuk menambah pundi-pundi medali emas bagi kontingen Indonesia. (Yendhi/b)