Saturday, 22 September 2018

Lewat Pemenang Silat AG-18 Jokowi-Prabowo Berpelukan

Kamis, 30 Agustus 2018 — 7:03 WIB
pelukan

DULU Prabowo-Jokowi naik kuda bersama, tapi itu setelah Pilpres 2014. Kemarin, dua Capres 2019 itu berpelukan sebelum Pilpres 2019. Sangat surprise. Sebagai penyebabnya adalah, Hanifan peraih emas Asian Games-18 memeluk Prabowo-Jokowi sekaligus. Dan kedua Capres itu menyambut hangat. Damai di langit, damai di bumi!

Politisi sejati memang harusnya begitu, gontok-gontokan hanya di meja parlemen. Tapi di luar kegiatan politik, guyub rukun sebagai warga masyarakat. Niscaya dunia politik kita akan menjadi adem ayem, sejuk seperti dalam kamar ber-AC atau sedang di Puncak.

Boleh dicontoh pula perilaku Fahri Hamzah, eks politisi PKS. Seperti apa dia ketika “menghantam” segala kebijakan Jokowi. Tapi ketika makan bersama Presiden di Istana Negara, dia bisa santai ketawa-ketiwi di samping Jokowi. Tapi sendawa saja belum, begitu keluar dari Istana sudah kembali mengecam segala kebijakan Jokowi.

Jokowi-Prabowo pernah naik kuda bersama, setelah Pilpres 2014. Selepas dari rumah Prabowo di Hambalang, kembali hubungan Jokowi-Prabowo tidak mesra lagi. Prabowo terus mengritik Jokowi, dan Presiden ke-7 itu membalas lewat jubirnya.

Tapi mendekati Pilpres 2019 mendatang, Capres Prabowo makin kenceng menghantam Jokowi. Dan kemudian Mochtar Ngabalin lah yang menandingi Prabowo dan pendukungnya. Terakhir Mochtar Ngabalin bilang, “Makan tuh #2019 Ganti Presiden”, ketika melihat di mana-mana deklarasi ganti presiden dapat penolakan.

Tapi kemarin, di arena AG-18 hubungan Jokowi-Prabowo pun mendadak mencair dan hangat. Gara-garanya, pesilat Indonesia Hanifan Yudanikusumah setelah meraih medali emas begitu mengalahkan pesilat Vietnam, langsung memeluk Prabowo Ketum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) dan Jokowi Presiden RI.

Prabowo-Jokowi-Hanifan pun berpelukan bersama dengan hangatnya. Lewat AG-18 ternyata telah menyatukan dua Capres. Semoga Pilpres 2019 berlangsung dengan tenang dan damai, setenang kontingen RI yang hingga kemarin telah kumpulkan 30 medali emas, melampaui target. – gunarso ts