Saturday, 20 July 2019

Pencak Silat Dituduh Curang, Ini Jurus ‘Tangkisan Maut’ Sang Pelatih

Kamis, 30 Agustus 2018 — 15:45 WIB
Pencak silat.(dok/inasgoc)

Pencak silat.(dok/inasgoc)

JAKARTA –Memborong 14 medali emas dari 16 nomor yang dipertandingkan pada Asian Games 2018, tim pencak silat Indonesia dituduh berbuat curang dan dibantu wasit.

Presiden Federasi Pencak Silat Asia, Sheikh Alauddin Yacoob Marican mengatakan, banyak kejanggalan terjadi pada hasil cabang olahraga pencak silat. Menurutnya, penilaian dilakukan oleh wasit seperti berat sebelah.

“Saya kecewa di mana sejak hari pertama kecurangan untuk wasit, juri agak terlihat. Kami sudah memberitahu bahwa jangan ada yang coba berat sebelah, harus konsisten, clear, dan transparan. Tapi di sini saya melihat, tidak ada hanya dari Singapura, tapi dari negara lain juga, ada yang janggal, banyak,” kata Sheik, Rabu (29/8/2018).

(BacaIni Bukti Keangkeran Padepokan Pencak Silat: Jawara Indonesia Sabet 14 Medali Emas)

Namun hal itu dibantah oleh Pelatih Tim Nasional Pencak Silat Indonesia sekaligus mantan juara dunia, Abas Akbar, yang mengatakan bahwa penilaian sudah jelas dan benar. “Bagaimana bisa kami dibilang pecundang? Jelas-jelas bisa dilihat sendiri hasilnya dan itu kenyataannya. Hasil ini sudah semakin objektif karena ada video replay, ada wasit yang bukan dari Indonesia,” kata Abas di Padepokan Pencak Silat TMII, Rabu (29/8/2018) malam.

(BacaLewat Pemenang Silat AG-18 Jokowi-Prabowo Berpelukan)

Legenda pencak silat Indonesia itu pun menjelaskan bahwa kemenangan ini bukan karena Indonesia yang menjadi tuan rumah, karena memang hasil kerja keras dari tim pencak silat. Bahkan di Belgia, Indonesia juga merupakan juara umumnya pencak silat. Pasalnya Pencak Silat Indonesia akan tetap siap dibawa ke olimpiade untuk pertandingan selanjutnya. (m1/m2/ys)