Sunday, 17 February 2019

Takut Disalah-Gunakan, Barang Bukti Narkoba Dimusnahkan

Kamis, 30 Agustus 2018 — 1:05 WIB
Pemusnahan barang bukti narkoba dengan cara diblender

Pemusnahan barang bukti narkoba dengan cara diblender

LAMPUNG –Petugas Direktorat Reserse Narkoba Polda Lampung, bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Bandar Lampung dan pihak Pengadilan Negeri (PN) Tanjungkarang, memusnahkan narkoba jenis ganja 1.109 gram, sabu seberat 870,56 gram, ekstasi 1.989 butir dan pil mengandung psikotropika 470 butir, di markas Direktorat Reserse Narkoba Polda Lampung, Rabu (29/8/2018).

Direktur Reserse Narkoba Polda Lampung, Kombes Pol. Shobarmen melalui Wadir Reserse Narkoba Polda Lampung, AKBP. Wika Hardianto didampingi Hakim Pengadilan Negeri Tanjungkarang, Novian Saputra dan Jaksa Kejari Bandar Lampung, Alex Sander Mirza mengatakan, sesuai dengan ketentuan yang berlaku pihaknya bersama dengan Pengadilan Negeri Tanjungkarang dan Kejari Bandar Lampung melaksanakan pemusnahan barang bukti hasil ungkap kasus penyalahgunaan narkoba sejak bulan Mei hingga Agustus 2018.

“Barang bukti yang dimusnahkan berupa, ganja, sabu-sabu, ekstasi, dan pil yang termasuk dalam golongan psikotropika diamankan dari 12 tersangka,”kata Wika Hardianto.

Menurut Wika Hardianto, pemusnahan dilakukan sebagai antisipasi untuk menghindari hilang atau berkurangnya barang bukti. “Selain itu, upaya yang kita lakukan untuk menjaga kepercayaan masyarakat dalam melaksanaan tugas memberantas kejahatan penyalahgunaan narkoba,”terangnya.

Hakim, Novian Saputra dan Jaksa, Alex Sander Mirza membenarkan, sebelum pemusnahan, pihaknya telah melakukan pengecekan dengan acak menggunakan alat bahwa semua barang bukti tersebut benar narkotika.

“Pemusnahan yang dilakukan telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan semua barang bukti benar adalah narkotika,”ungkapnya.

Di lokasi, petugas memusnahkan sabu-sabu dan pil ekstasi dengan cara diblender dicampur dengan cairan pembersih lantai. Sedangka ganja dimusnahkan dengan cara dibakar.(koesma/b)