Monday, 15 July 2019

Closing Ceremony Asian Games 2018, 1.500 Polantas Dikerahkan Urai Kemacetan

Jumat, 31 Agustus 2018 — 20:57 WIB
Stadion Utama Gelora Bung Karno,

Stadion Utama Gelora Bung Karno,

JAKARTA – Jumlah penonton closing ceremony atau upacara penutupan Asian Games 2018, Minggu (2/9/2018), diperkirakan bakal lebih banyak dari pada upacara pembukaan. Seluruh bangku penonton di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, pun akan digunakan untuk menyaksikan 4 sajian penutupan.

Untuk itu Ditlantas Polda Metro Jaya akan mengerahkan 1.500 personil guna mengamankan lalu lintas di sekitar GBK.

“Pengamanan closing ceremony ini kurang lebih sama dengan opening ceremony tetapi ada beberapa tempat yang memang harus kami perkuat personelnya. Kami nambah 900 personel menjadi 1.500 personil,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Yusuf, Jumat (31/8/2018).

(BacaDi Tangan “Calo” Harga Tiket Penutupan Asian Games Selangit)

Ia mengatakan, selama closing ceremony berlangsung, pihaknya menyiapkan pengaturan lalu lintas yang tak jauh berbeda dengan saat opening ceremony. Hanya saja, waktu penutupan jalannya dibuat lebih awal.

“Penutupan jalan mulai jam 09.00. Dulu opening kan jam 10.00. Karena yang ini perkiraan penontonnya lebih banyak,” imbuhnya.

(Baca9.422 Personel Amankan Penutupan Asian Games 2018)

Di bagian utara akan tutup di Palmerah persimpangan Jalan Lapangan Tembak, Selatan Hanglekir dan Pakubowono kemudian di sebelah barat Jalan Tentara Pelajar dan Patal Senayan. Untuk timur tidak akan ada ditutup sepanjang Sudirman, Senayan sampai Semanggi hanya saja begitu masuk ke Jalan Pintu I atau FX itu akan ditutup.

Jalan yang akan dibuka itu Sudirman, menuju Semanggi, kemudian Gatot Subroto dan Semanggi sampai ke arah Slipi, Palmerah akan ditutup. “Kami akan tutup di start dua, di persimpangan antara Gatot Subroto dan gerbang pemuda TVRI,” jelasnya.

(BacaSuper Junior Dipastikan Tampil di Penutupan Asian Games)

Seperti pembukaan di ring 1, 2 dan 3, Royke mengatakan tidak akan ada kendaraan yang masuk kecuali berstiker, walaupun pejalan kaki tetap diijinkan untuk masuk. Akan ada 600 personil yang diturunkan untuk menjaga stabilitas arus lalin di ring luar.

“Ya misalnya Semanggi Pancoran, Kuningan, Bunderan HI, Slipi, Palmerah, bahkan sampai ke Fatmawari itu 1.800 personil. Untuk Gage sendiri akan diputuskan lanjut atau tidak setelah Asian Games akan kami umumkan,” tandasnya. (ilham/ys)

 

Berikut pengaturan lalu lintas selama penutupan Asian Games:

  • Jalan Gerbang Pemuda sisi Selatan ditutup (mulai dari Flyover Senayan) dan putaran balik di bawah Flyover Senayan (Barat–Barat).
  • Jalan Asia Afrika sisi Timur (dimulai dari TL Hotel Mulia sampai dengan TL Hotel Fairmont)
  • Jalan Pintu Satu Senayan

Sementara untuk pengalihan arus akan dilakukan untuk laju kendaraan dari arah utara atau Slipi dan dari arah Semangggi.

Bagi kendaraan dari Slipi yang akan menuju Permata Hijau dialihkan melalui Jalan Gatot Subroto-Bundaran Semanggi-Jalan Jenderal Sudirman-Bundaran Senayan, dan seterusnya.

Untuk kendaraan dari arah Semanggi yang hendak menuju TVRI, dialihkan melalui ruas Jalan Gatot Subroto-Jalan Tentara Pelajar-Jalan Gelora-dan seterusnya.