Sunday, 18 November 2018

Pemkot Depok Geber Bangun Taman Tiap Kelurahan untuk Target 40% Jadi RTH

Jumat, 31 Agustus 2018 — 15:58 WIB
Walikota Depok Muhammad Idris saat melihat langsung RTH atau taman di Jl. Raya Nusantara dekat pertigaan PLN Depok, Perumnas Depok Utara. (anton)

Walikota Depok Muhammad Idris saat melihat langsung RTH atau taman di Jl. Raya Nusantara dekat pertigaan PLN Depok, Perumnas Depok Utara. (anton)

DEPOK  – Pemkot Depok melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) ‘menggeber’ atau kejar target menuntaskan pembangunan ruang terbuka hijau (RTH) berupa taman dan tempat bermain di 63 kelurahan, yang akan dikerjakan hingga tahun 2021.

“Kami serius dalam menangani program satu taman di satu kelurahan sehingga untuk memenuhi target tersebut diharapkan tahun 2020 dan 2021 seluruh kelurahan sudah memiliki RTH yang dijadikan taman dan tempat rekreasi warga,” kata Walikota Depok Muhammad Idris didampingi Kepala DLHK setempat Ety Suryahati, Jumat (31/8).

Program satu kelurahan satu taman memang untuk memenuhi target 40 persen lahan sebagai daerah resapan atau RTH yang harus dilakukan Pemkot Depok termasuk pembangunan alun-alun Kota Depok yang kini telah masuk dalam tahap pertama yang dijawalkan selesai tahun 2018 dilanjutkan dengan pembangunan fisik bulan September 2018 ini.

Luas lahan alun-alun Kota Depok yang akan dibangun di kawasan Grand Depok City mencapai 3,7 Ha membutuhkan dana sekitar Rp 90 miliar, menurutnya  memiliki konsep ruang terbuka hijau (RTH).

Selain itu dilengkapi sentra usaha mikro, jogging track, taman baca, kantin, rumah ibadah, dan sejumlah sarana olahraga yang bisa digunakan untuk umum.

“Yang jelas konsepnya terpadu bukan hanya sebagai daerah resapan air saja namun juga didesain menjadi ruang publik yang ramah anak dan lansia juga,” ujarnya yang juga memiliki niat untuk membangun taman di seluruh RW di Kota Depok.

Ditambahkan, Kepala DLHK setempat Ety Suryahati, untuk pembangunan taman di setiap kelurahan dalam tahun 2018 ada 12 taman yang akan dibangun dan tahun 2017 sudah ada 21 taman jadi total taman 33 taman tersebar di tujuh kecamatan. Untuk tahun anggaran 2019 direncanakan dibangun 15 titik taman baru.

“Jika tidak ada masalah diharapkan tahun 2020 hingga 2021 seluruh kelurahan sudah memiliki taman atau RTH semua,” ujarnya. (anton/win)