Wednesday, 14 November 2018

Satpol PP Temukan Meteran Listrik di Lapak PKL

Jumat, 31 Agustus 2018 — 1:20 WIB
Satpol PP Kota Sukabumi temukan meteran PLN saat menertibkan lapak PKL yang berdiri di atas trotoar.

Satpol PP Kota Sukabumi temukan meteran PLN saat menertibkan lapak PKL yang berdiri di atas trotoar.

SUKABUMI – Meteran listrik PLN ditemukan di lapak ilegal yang berdiri di trotoar di Jalan Bhayangkara, Kota Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (30/8/2018).

Temuan meteran listrik yang masih menyala itu ketika sejumlah petugas membongkar lapak-lapak PKL. Akibat keberadaan meteran itu, petugas sempat kesulitan ketika hendak membongkar lapak.

Kabid Penegak Perda Satpol PP, Ajat Sudrajat mengaku aneh dengan adanya meteran listrik di lapak PKL. Sebab, posisi lapak tersebut jelas-jelas melanggar aturan karena berdiri di trotoar.

Payung hukumnya jelas tertulis dalam Perda No 10 Tahun 2013 tentang Penataan dan Pemberdayaan PKL, pasal 21 soal larangan berjualan di atas trotoar. Akan tetapi, aturan itu tidak berlaku ketika ada kebijakan dan PKL masih diperbolehkan berjualan selama tidak mengganggu ketertiban umum.
“Dengan adanya meteran ini, kami kesulitan membongkarnya karena khawatir tersetrum. Apalagi lapak PKL ini sudah lama tidak aktif,” cetus Ajat.

Ajat berharap, PLN mengkaji terlebih dahulu ketika ada pemohon pemasangan meteran listrik dari PKL. Sebab, jangan sampai meteran listrik dipasang bangunan ilegal, sehingga kesulitan ketika akan ditertibkan.

Proses pembongkaran lapak akhirnya berjalan lancar setelah petugas PLN mencopot meteran listrik. Tak hanya lapak bermeteran listrik, petugas Satpol PP juga menertibkan empat lapak PKL lainnya yang diduga melanggar aturan.

Humas Area Pelayanan Jaringan PLN Sukabumi, Wiwin Widarti akan mengecek apakah meteran yang terpasang di lapak PKL tersebut ilegal atau tidak?

“Termasuk memastikan berbahaya atau tidaknya. Meteran itu sedang dibongkar petugas,” singkatnya. (sule/b)