Monday, 22 October 2018

Lolos Jadi Caleg, Taufik Incar Kursi Ketua DPRD DKI

Sabtu, 1 September 2018 — 23:59 WIB
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Mohammad Taufik. (dok)

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Mohammad Taufik. (dok)

JAKARTA – Setelah dinyatakan lolos oleh Bawaslu DKI Jakarta sebagai calon legislatif, M. Taufik memburu kursi Ketua DPRD pada pileg tahun 2019 mendatang.

“Saya tetap dengan komitmen awal bakal mengincar kursi ketua dewan, ” kata M. Taufik, Sabtu (1/9/2018) . Saat ini Taufik masih berada di Melbourne, Australia dalam rangka kunjungan kerja.

Menurutnya, sejak awal dirinya yakin bakal lolos. “Kita hanya bicara undang-undang. KPU tidak boleh membuat aturan baru yang sudah diatur undang-undang. KPU seharusnya menjalankan undang-undang. ”

M.Taufik, akhirnya lolos ikut pemilihan umum legislatif pada 2019 mendatang. Hal tersebut berdasar keputusan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) DKI Jakarta. “Memutuskan menerima permohonan pemohon untuk seluruhnya,” kata Komisioner Bawaslu DKI Jakarta Puadi dalam persidangan di Kantor Bawaslu DKI Jakarta, Jumat (31/8/2018).

Dengan putusan tersebut, Taufik dinyatakan memenuhi syarat dalam verifikasi kelengkapan dan keabsahan dokumen bakal calon anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta dalam Pemilu 2019 oleh KPU DKI Jakarta.

Bawaslu memerintahkan KPU DKI Jakarta untuk melaksanakan putusan tersebut. “Sejak dibacakan silakan kepada pemohon dan termohon untuk berkoordinasi paling lambat tiga haru setelah dibacakan,” ujar Puadi.

Sebelumnya Taufik dianggap tidak memenuhi syarat sebagai caleg karena berdasarkan Peraturan KPU No 20 Tahun 2018, seorang mantan narapidana kasus korupsi tidak dapat mencalonkan diri sebagai caleg. Taufik mengajukan gugatan ke Bawaslu. (john/ta)