Wednesday, 24 July 2019

Haornas ke-35 Usung Tema ‘Ayo Olahraga Bangun Indonesia’

Senin, 3 September 2018 — 20:55 WIB
Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta. (junius)

Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta. (junius)

JAKARTA – Tema Hari Olahraga Nasional (Haornas) Tahun 2017 lalu, yakni “Olahraga Menyatukan Kita”, bukan hanya sebatas jargon, sebab fenomena di arena pencak silat Asian Games 2018 nyatanya mempersatukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan ‘rivalnya’ pada Pemilihan Presiden 2019, Prabowo Subianto.

Momen berpelukannya kedua bakal calon Presiden periode 2019-2024 itu pada pertandingan pencak silat mampu memberikan kesejukan kepada masyarakat luas. Ini salah satu bukti bahwa “‘Olahraga Menyatukan Kita’. Terlebih, tema yang diserukan oleh Menpora Imam Nahrawi pada ajang Haornas tahun lalu di Magelang tersebut diimplementasikan sekaligus menjadi jawaban atas tantangan yang harus dilalui oleh olahraga Indonesia pada 2018 ini. Kondisi tersebut merujuk dari pencapaian kontingen Merah-Putih di ajang Asian Games 2018.

Ya, perolehan 31 medali emas, 24 perak dan 43 perunggu, telah menorehkan sejarah baru yang membanggakan bagi olahraga Indonesia. Pencapaian itu melampaui target pencapaian medali emas sekaligus menempatkan tuan rumah di posisi ke empat pesta olahraga negara-negara se-Asia edisi ke-XVIII.

(BacaPrabowo Apresiasi Pemerintahan Jokowi Soal Asian Games 2018)

Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta mengatakan bahwa dengan bersatu, olahraga kita akan semakin kuat, solid dan mampu memberikan grafik yang meroket, namun hal tersebut tak lepas dari pembinaan yang fokus dan terus terkawal hingga membuahkan hasil yang maksimal Ari usia muda.

“Prestasi Asian Games tentu bukan kebetulan, tapi lantaran sistem pembinaan yang telah mulai ditata dan dijalankan dengan baik, mulai dari pembinaan dan kompetisi usia muda, yakni baik di akar rumput maupun di PPLP dan SKO,” ungkap Raden Isnanta.

(BacaSabet Emas, Pesilat Cantik Ini Sudah Membidiknya Sejak 5 SD)

Tahun ini, Haornas ke-35 yang akan berlangsung di Ternate 9 September mendatang, akan mengusung tema yang berbeda, yakni ‘Ayo Olahraga Bangun Indonesia’. Tema ini pun bersifat universal, baik pembangunan infrastruktur khususnya di sektor olahraga yang sejak dalam kurun waktu empat tahun terakhir dicanangkan, kini sudah terlihat hasilnya.

Pembangunan SDM di bidang olahraga pun dirasa demikian. Hal tersebut dilihat dari prestasi yang ditorehkan para pahlawan olahraga di pentas Asian Games kali ini. Semoga semangat prestasi yang ditorehkan oleh atlet Asian Games mampu “menular” terhadap atlet Asian Para Games 2018.

“Penghargaan bagi yang berprestasi, dukungan relawan dan sponsor yang lebih baik, serta sinergi lintas stakeholder, kemudian kualitas SDM yang kini menjadi prioritas setelah perhelatan ini,” pungkasnya. (junius/ys)