Wednesday, 19 September 2018

Hindari Kebocoran PAD, Wajib Pajak Bakal Dipasangi Tapping Box

Senin, 3 September 2018 — 21:51 WIB
Setiap wajib pajak hotel, restoran, dan THM nantinya bakal dipasangi tapping box atau mesin pencatat transaksi.

Setiap wajib pajak hotel, restoran, dan THM nantinya bakal dipasangi tapping box atau mesin pencatat transaksi.

SUKABUMI – Setiap wajib pajak (WP) di Kota Sukabumi bakal dipasangi tapping box atau mesin pencatat transaksi. Terutama wajib pajak (WP) hotel, restoran dan tempat hiburan malam (THM). Tujuannya, untuk menghindari kebocoran pendapatan asli daerah (PAD).

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD), Dida Sembada mengharapkan pemasangan tapping box tersebut sudah terealisasi pada Oktober 2018 mendatang.

Dengan begitu, PAD akan meningkat dan terhindar dari kebocoran. Sebab apabila alat tersebut sudah terpasang, seluruh besaran pajak setiap transaksi bisa langsung terkoneksi ke BPKD.

“Mudah-mudahan alat tersebut sudah bisa dipasang di setiap hotel, restoran dan THM pada Oktober mendatang. Walaupun jumlahnya belum sesuai dengan kebutuhan,” kata Dida, Senin (3/9/2018).

Ketua DPRD Kota Sukabumi, Yunus Suhandi mengapresiasi rencana pemasangan tapping box tersebut. Dengan dipasangnya mesin tersebut, dia nilai menghindari kebocoran serta dapat memaksimalkan PAD, khususnya dari sektor pajak daerah, sering menjadi perbincangan atau pembahasan di DPRD.

“Tapi memang harga mesin itu cukup mahal. Apabila Pemkot memiliki inisiatif memanfaatkan dana CSR dari perusahaan yang ada, kami akan mendukung dan menyetujuinya,” ujarnya. (sule/win)