Thursday, 15 November 2018

Makin Bangga Indonesia

Senin, 3 September 2018 — 13:36 WIB

TADI malam, Minggu (2/9/2018), pesta olahraga bangsa-bangsa Asia ditutup. Tak ubahnya acara pembukaan, pada closing ceremony, aneka kesenian dan budaya baik dari nusantara maupun peserta Asian Games 2018 seperti Korea, China, India, serta negara lain ditampilkan.

Malah Boyband Super Junior yang digandrungi remaja di dunia, termasuk Asia dan tentunya Indonesia ikut memeriahkan closing ceremony pesta olahraga musim panas Asia di SUGBK (Stadion Utama Gelora Bung Karno), Senayan, Jakarta.

Acara penutupan yang digelar mulai pukul 19.00 itu sangat meriah. Sajian acara demi acara mampu menghipnotis warga yang datang langsung ke SUGBK maupun melalalui televisi dan media lainnya.

Bukan itu saja, kembang api yang ditembakan ke angkasa dan menghiasi langit Jakarta menambah semaraknya closing ceremony Asian Games. Hampir semua sepakat, penutupan pesta olahraga bangsa-bangsa Asia berlangsung menakjubkan.

Mulai dari persiapan, kegiatan hingga penutupan Asian Games Jakarta-Palembang sudah dilalui dengan mulus. Gangguan keamanan yang sebelumnya sempat dikhawatirkan berbagai pihak juga tidak terjadi.

Berbagai fasilitas baik menyangkut sarana, prasana maupun pelayanan telah diberikan oleh panitia Asian Games, pemerintah pusat, Pemprov DKI Jakarta dan Pemprov Sumatera Selatan secara maksimal.

Tak kalah membanggakan juga dipersembahkan para atlet Indonesia untuk Ibu Pertiwi. Target masuk 10 besar dari 45 negara peserta pesta olahraga bangsa-bangsa Asia dijawab dengan sangat meyakinkan.

Pahlawan olahraga Merah-Putih berhasil menduduki posisi ke empat dengan raihan 98 medali. Rinciannya 31 emas, 24 perak, dan 43 perunggu. Lompatan prestasi ini makin membanggakan.
Saat Asian Games 2014 yang digelar di Incheon, Korea Selatan, Indonesia bertengger di urutan ke-17 dalam daftar perolehan medali yakni 20 medali. Rinciannya, empat emas, lima perak, dan 11 perunggu.

Melihat fakta ini tidak ada salahnya bila berterima kasih kepada semua pihak yang membuat bangga bangsa Indonesia. Para atlet Merah-Putih dan panitia adalah para aktor yang membuat kita bisa lantang bereriak, “Ini Indonesia. Indonesia yang berprestasi.”

Tidak lupa pula juga berterima kasih kepada para atlet dan official negara peserta Asian Games yang secara keseluruhan sudah berkompetisi sportif sehingga pesta olahraga musim panas yang digelar mulai 18 Agustus-2 September 2018 di Jakarta-Palembang berlangsung lancar.

Pasca-Asian Games, tugas tak kalah penting ada di pundak Indonesia yakni mensukseskan pesta Para Games yang sudah di depan mata. Selamat Indonesia. Terima kasih semua pihak. @*