Friday, 21 September 2018

Rayakan HUT ke-70, Polwan Dipercaya Duduki Posisi Strategis

Senin, 3 September 2018 — 21:43 WIB
polwan

JAKARTA  – Peringati HUT ke-70 Polwan Republik Indonesia (RI), Mabes Polri menggelar upacara sekaligus parade Polwan bersenjata lengkap di lapangan Silang Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (3/9). Inpekstur uoacara dipimpin Wakapolda Kalimantan Barat Brigadir Jenderal Sri Handayani.

“Polwan merupakan manifestasi dari pelayanan Polri kepada masyarakat, semoga kedepannya Polwan terus berkarya, sebagai penganyom dan pelindung masyarakat,” tulis amanat Kapolri Jenderal Tito Karnavian yang dibacakan Sri Handayani.

Dikatakan, tema Promoter (Profesional Modern dan Terpercaya) penting diangkat mengingat keberadaan polwan mendukung tugas Polri dari ekskalasi politik yang terjadi. Polwan juga dapat mengangkat citra Polri di masyarakat lewat kelembutan. “Saudari adalah srikandi-srikandi terbaik untuk memberikan pelayanan kepada bangsa ini,” ucap Sri.

Sementara itu, Ketua Umum Bhayangkari Tri Tito Karnavian yang hadir dalam kegiatan itu menyebutkan kehadiran wanita sebagai penegak hukum sudah dibentuk sejak tahun 1915 dan dibuka internasional asosiation woman police.

“Di Indonesia polwan dibentuk 1 september 1948. Ketika 6 wanita tangguh dari Bukit Tinggi mengikuti pendidikan inspektur polisi guna tugas polisi kala itu. Hingga saat ini polwan berjumlah 24.029 ada atu 5,9 persen anggota Polri. Dengan tingkat kepangkatan bervariasi,” ujar Tri.

Saat ini, jelas Tri mayoritas Polwan menempati jajaran Brigadir yakni 79 persen, perwira pertama 12,8 persen, pamen 8 persen dan perwira tinggi baru 0,02 persen saja. “Para polwan telah dipercaya menduduki jabatan strategis seperti jabatan lainya di polda.

Wakapolda Kalbar Brigjen Sri Handayani. Polri percaya polwan duduk jabatan operasional kapolres, kapolsek,” tukasnya.

Dalam upacara itu, sebanyak 2.000 personel perempuan berbaris di lokasi. Personel dibagi menjadi 10 batalion yang merupakan gabungan dari Polwan, Wanita TNI, ASN Perempuan pada Polri, Satpol PP perempuan, Dinas Perhubungan dan Pramuka.

Upacara dibuka dengan lagu Mars Polwan, mengheningkan cipta dan sumpah Tribrata Polri. Kemudian pemimpin upacara membacakan sekilas tentang sejarah Polwan.

Acara tersebut juga dihadiri istri Presiden Joko Widodo yakni Iriana dan istri Wakil Presiden Jusuf Kalla Mufidah Kalla, Menko PMK Puan Maharani, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Menteri Kesehatan Nila Moelek. (ilham/win)