Tuesday, 25 September 2018

Ganjil-Genap Ditiadakan, Pondok Indah Macet Lagi

Selasa, 4 September 2018 — 0:15 WIB
Sejumlah kendaraan melintasi Jalan Metro Pondok Indah, Jakarta, Senin (3/9). Penerapan sistem ganjil-genap di Jalan Metro Pondok Indah dihapus karena tidak ada kegiatan Asian Para Games di kawasan tersebut.(toga)

Sejumlah kendaraan melintasi Jalan Metro Pondok Indah, Jakarta, Senin (3/9). Penerapan sistem ganjil-genap di Jalan Metro Pondok Indah dihapus karena tidak ada kegiatan Asian Para Games di kawasan tersebut.(toga)

JAKARTA – Kawasan Metro Pondok Indah, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, kembali dilanda kemacetan, Senin (3/9/2018). Ini menyusul dihapusnya kebijakan ganjil genap di ruas jalan tersebut.

Seperti diketahui Gubernur DKI, Anies Baswedan mencabut kebjakan ganjil genap di kawasan Metro Pondok Indah pasca-usainya Asian Games 2018. Dari pantauan Pos Kota, kemacetan terjadi dari Kebayoran Lama hingga menuju arteri Pondok Indah. Kendaraan mengular sekitar 2 kilometer.

Berbagai tanggapan menyeruak terkait penerapan kebijakan tersebut. Seperti yang diungkapkan Ismail, 30, pengedara sepeda motor yang berharap kebijakan ganjil genap kembali diterapkan. Pasalnya telah terbukti mengurangi kemacetan di lokasi tersebut.

“Memang saat diterapkan ganjil genap itu efektif untuk kemacatan berkurang. Tapi setelah tidak diberlakukan kamacetan kembali terjadi,”kata Ismail.

Hal senada juga diungkapkan oleh Agus, 45, pengendara mobil, ia mengaku sangat mendukung penerapan ganjil genap. Menurutnya ini perlu diberlakukan kembali. Karena hanya dengan kebijakan tersebut kemacetan bisa diminimalisir.

“Saya rela bila harus menggunakan kendaraan umum seperti angkot dan bus Transjakarta. Sebab selama diberlakukan sistem ganjil genap saya naik angkutan umum,” terang Warga Lebak Bulus, tersebut.

Karena tidak ada sistem ganjil genap ini dirinya kembali membawa kendaraan sehingga. Kemacetannya tambah parah seperti sekarang ini karena ganjil genap dihapus.

Sementara itu Kasudin Perhubungan Jakarta Selatan Christianto membenarkan ada penghapusan sistem ganjil genap sepanjang jalan Pondok Indah. Menurutnya ini dilakukan setelah hajat besar Asian Games selesai. “Tidak diperpanjang sistem ganjil genap di sepanjang Pondok Indah lantaran tidak dipakai untuk pertandingan Asian Para Games 2018,”terang Christianto.(m3/ruh)