Saturday, 22 September 2018

Gejolak Pasar Uang Dunia

Presiden Argentina Naikan Pajak Ekspor dan Pangkas Pengeluaran

Selasa, 4 September 2018 — 15:48 WIB
Presiden Argentina, Mauricio Macri keluarkan beberapa kebijakan untuk menghadapi gejolak pasar uang dunia. (reuters)

Presiden Argentina, Mauricio Macri keluarkan beberapa kebijakan untuk menghadapi gejolak pasar uang dunia. (reuters)

ARGENTINA – Presiden Macri berencana menaikkan pajak ekspor, dan memangkas pengeluaran untuk mengurangi defisit anggaran.

The Guardian melansir, Argentina telah mengumumkan langkah-langkah untuk membendung krisis mata uangnya yang terus berlangsung, sebelum mengambil pinjaman di IMF sebesar 50 miliar dolar AS (Rp742 triliun).

Hari ini, Selasa (4/9/2018), Menteri Keuangan Nicolas Dujovne, berbicara dengan pejabat senior IMF di Washington untuk mendiskusikan percepatan penyaluran pinjaman.

Presiden Mauricio Macri sebelumnya sudah mengumumkan jika negaranya bersiap menghadapi darurat ekonomi setelah nilai peso turun ke rekor terendahnya pada Senin (3/9/2018).

Macri menyebutkan, jika tingkat kemiskinan di Argentina akan meningkat tajam akibat inflasi. Namun, pemerintah akan melakukan upaya untuk mendukung beberapa kebijakan kesejahteraan.

Sementara itu, Menteri keuangan Argentina, Dujovne, mengatakan langkah-langkah yang diumumkan Presiden Marci akan membuat negara mampu mencapai anggaran yang seimbang tahun depan. (mb)