Wednesday, 24 July 2019

VAR Bikin Suarez Nggak Asyik Selebrasi

Selasa, 4 September 2018 — 10:22 WIB
Aksi Luis Suarez ketika gol ke gawang Huesca harus dilihat tayangan ulangnya melalui VAR. (reuters)

Aksi Luis Suarez ketika gol ke gawang Huesca harus dilihat tayangan ulangnya melalui VAR. (reuters)

JAKARTA – Mulai musim kompetisi 2018/2019, La Liga menggunakan teknologi video assisten refree (VAR) untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan. Namun striker Barcelona, Luis Suarez, tak menyukainya.

Dalam laga melawan Huesca yang berakhir dengan 8-2, Minggu (2/9/2018), Suarez mencetak dua gol. Namun satu gol di antaranya harus dilihat melalui VAR karena wasit beranggapan Jordi Alba yang memberi assist pada pemain uruguay itu berdiri dalam posisi offside.

Gol itu ternyata sah. Namun Suarez keburu harus menunggu untuk merayakan gol yang diciptakannya.

“Saat ada keraguan dan harus melihat VAR maka akan ada adrenalin yang hilang untuk melakukan selebrasi. Ini pukulan di tengah kebahagiaan, nggak boleh salah sama sekali karena semua terkontrol,” ujarnya dilaporkan AS.

Ia kemudian menyampaikan alasan ketidaksukaannya soal VAR. “Saya ini selalu ingin membantu tim dalam segala gal dan tentunya pingin bikin banyak gol. Kami sudah memulai langah dengan baik. Kami memang lambat star melawan Huesca tapi itu membantu kami untuk bereaksi dan kini kami memimpin klasmen,” katanya.

Saat ini, Barca memimpin klasmen smeentara Liga Inggris dengan perolehan 9 angka dari tiga laga. Seteru abadinya, Real Madrid, ada di posisi dua dengan nilai sama, namun kalah dalam selisih gol. (*/yp)