Sunday, 18 November 2018

Hasil Survey LSI Denny JA : Jokowi-Maruf Unggul Disemua Segmen Pengguna Media Sosial

Rabu, 5 September 2018 — 15:46 WIB
Peneliti LSI Denny JA,  Ardian Sopa didampingi Ikrama Masloman .(rihadin)

Peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa didampingi Ikrama Masloman .(rihadin)

JAKARTA – Pasangan  Jokowi – Ma’ruf unggul di semua segmen Pengguna Media Sosial yang berafiliasi ke ormas Islam, kecuali di PA 212 dan Ormas Lainnya di luar NU dan Muhammadiyah.

Demikian hasil survey yang dilkaukan Lingkarang Survey Indonesia Denny JA, kata  peneliti senior LSI Ardian Sopa, di kantor LSI Jl. Pemuda, Jakarta Timur, Rabu (5/9/2018).

Sopa melanjutkan,  Jokowi-Ma’ruf juga unggul di semua segmen usia kecuali Pemilih Pemula.  Unggul di semua segmen pendidikan kecuali segmen Pemilih Terpelajar. Unggul di semua segmen pendapatan kecuali Pendapatan di Atas 3 Juta.

“Meski unggul di pengguna Facebook, namun keok di pengguna Instagram dan Twitter,” ucap Sopa.

Di kalangan pengguna medsos, beber Sopa,  selisih elektabilitas Jokowi –Ma’ruf dengan Prabowo–Sandi lebih tipis.  Jokowi-Ma’ruf 48.3%, sedangkan Prabowo-Sandi 39.5%. Sisanya 12.2% menyatakan rahasia/belum memutuskan/TT/TJ. Selisih dua pasangan ini sebesar 8.8%.

“Dari data ini bisa kita lihat, secara keseluruhan Jokowi-Ma’ruf unggul, untuk bukan pengguna sosmed unggul, untuk pengguna sosmed unggul tipis,” sebutnya.

Sopa mengatakan, pengguna Instagram (IG) angkanya mencapai 16.1%. Sisanya atau 83,9% Bukan Pengguna IG.

“Di kategori pengguna IG Prabowo-Sandi unggul. Di kategori yang Bukan Pengguna IG Jokowi-Ma’ruf unggul. Di kategori pengguna IG, Jokowi-Ma’ruf mendapat 40.9%, Prabowo-Sandi 42.0%.

Di Kategori yang Bukan Pengguna IG Jokowi-Ma’ruf 54.4%, Prabowo-Sandi 27.3%,” bebernya.

Untuk diketahui, Survei ini dilakukan pada tanggal 12-19 Agustus 2018 melalui face to face interview menggunakan kuesioner. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan 1.200 responden dan margin of error sebesar +/- 2,9 %. Survei dilaksanakan di 33 propinsi di Indonesia. (rizal/tri)