Tuesday, 18 September 2018

Pemkab Purwakarta Targetkan Penanaman Padi Baru seluas 40 Hektar Hingga Akhir Tahun

Rabu, 5 September 2018 — 14:42 WIB
Ilustrasi tanam padi

Ilustrasi tanam padi

PURWAKARTA – Pemkab Purwakarta menargetkan penanaman ┬ápadi dilahan seluas 40 ribu hektar dilakukan akhir tahun ini, meski, luas lahan baku pesawahan di Purwakarta hanya 18 ribu hektar.

“Kondisi itu bukan suatu halangan untuk menggenjot produksi padi,” ucap Agus R Suherlan, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta, dikantornya, Rabu (06/09/2018).

Menurutnya, mematok target tersebut dirasakan cukup realistis, karena Indeks Pertanaman (IP) di Purwakarta sendiri cukup meningkat secara signifikan.

“Walaupun luas baku sawah di kita hanya 18 ribu hektar, tapi dalam setahun kita bisa dua kali masa tanam,” jelas Agus.

18 ribu hektar sawah di Purwakarta sendiri terdiri dari 10 ribu lahan yang menggunakan irigasi teknis. Sementara sisanya 8 ribu hektar menggunakan lahan semi irigasi teknis dan lahan tadah hujan.

Khusus untuk lahan yang menggunakan irigasi teknis, Agus menargetkan dalam setahun bisa tiga kali masa panen. ” Kita yakin, dalam setahun bisa tiga kali tanam,” kata Agus.

Sedangkan untuk tadah hujan, lanjut dia, akan digenjot hingga dua kali masa panen setahun.

Tentunya, kata Agus, pihaknya menggandeng perusahaan produsen pupuk untuk meningkatkan ketersediaan bahan pangan. Jika ketersediaan pangan meningkat maka kesejahteraan petani di Purwakarta diharapkan bisa meningkat pula.(dadan/tri)