Tuesday, 25 September 2018

A Man Called Ahok, Film Tidak Berbau Politik

Kamis, 6 September 2018 — 21:22 WIB
Putra sulung Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Nicholas Sean Purnama (tengah).

Putra sulung Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Nicholas Sean Purnama (tengah).

JAKARTA – Kisah hidup mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) diangkat ke layar lebar. Film berjudul A Man Called Ahok produksi The United Team of Art diangkat dari buku karya Rudi Vakinka dengan judul yang sama.

Sutradara film A Man Called Ahok, Putratama Tuta mengatakan film berdurasi 90 menit itu tidak akan menampilkan sisi kehidupan politik mantan Bupati Belitung Timur itu. Film yang dibintangi Daniel Mananta itu, katanya, mengeksplorasi pembetukan karakter Ahok dari muda hingga seperti yang dikenal banyak orang saat ini.

“Cerita ini tidak menyentuh side politik Pak Ahok. Saya coba menyajikan bagaimana karakter Ahok terbentuk. Kenapa bisa ada Ahok yang mempunyai impact social tinggi.

Film A Man Called Ahok berkisah tentang hubungan Ahok (Daniel Mananta) dengan ayahnya, Kim Nam (Denny Sumargo/Chew Kin Wah).

Masa kecil Ahok bahagia dan tida kekurangan secara materi. Bisnis Kim Nam di bidang pertambangan yang awalnya sangat berkembang berubah saat berhadapan denga praktik korupsi berupa upeti.

Kim Nam yang tidak mau memberikan upeti kepada oknum membuat bisnisnya tersendat hingga mundur. Kehidupan ekonomi keluarganya pun menjadi sulit. Drama hubungan keluarga terjadi saat Kim Nam meminta Ahok menjadi dokter. Namun Ahok justru memilih jalan lain yang membuat hubungan anak dan ayah menjadi renggang.

Film yang dapat dinikmati semua umur itu juga mengisahkan perjalanan Ahok meniti karir politik dari menjadi Anggota DPRD hingga menjadi Bupati Belitung Timur. Berlatar belakang Bilitung Timur dari tahun 1976 hingga tahun 2005, film tersebut akan diputar mulai akhir 2018 mendatang.

Tuta menerangkan proses produksi berkisar 37 hari yang bertempat di Belitung. Hampir keselutuhan scene dalam film di buat di tanah kelahiran Ahok.

“Kita habiskan 37 hari produksi syuting di Belitung. Hampir full di Belitung, lebih dari 90 persen di sana,” tandasnya.

A Man Called Ahok dibintangi juga oleh sederet artis diantaranya Sita Nursanti, Donny Damara, Eriska Rein, Ferry Salim, Eric Febrian, Jill Gladys, Mike Lucock dan Ria Irawan. (ikbal/b)