Sunday, 23 September 2018

Soal Erick Thohir, Partai Pendukung Beda Pendapat dengan Ma’ruf Amin

Kamis, 6 September 2018 — 11:19 WIB
Erick Thohir.(reuters)

Erick Thohir.(reuters)

JAKARTA – Nama Ketua Inasgoc Erick Thohir disebut calon wakil presiden Ma’ruf Amin akan menjabat Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN). Namun pernyataan Ma’ruf tersebut dibantah para sekretaris jenderal partai pendukung.

Sekjen Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Raja Juli Antoni, mengakui Ketua TKN sudah mengerucut pada satu nama. Terkait nama Erick Thohir yang diklaim Ma’ruf, Toni mengatakan hanya berasas dugaan. Pasalnya nama resmi Ketua TKN akan diumumkan oleh Joko Widodo secara langsung.

“Sudah ada nama. Kita tunggu Pak Jokowi yang umumkan ya. Kalau belum diumumkan langsung oleh presiden belum sah. Masih praduga. Bisa benar, bisa salah,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (6/9/2018).

Toni menambahkan pengumuman akan dilakukan paling lambat Jumat (7/9/2018). “Mudah-mudahan hari ini. Paling lambat besok,” imbuhnya.

Hal senada disampaikan Wakil Sekrataris TKN, Ahmad Rofiq. Sekjen Perindo itu menandaskan Erick Thohir belum ditetapkan sebagai Ketua TKN.

“Belum, belum. Kalau menurut Pak Kyai Ma’ruf Amin begitu ya kurang tau juga ya. Tapi kalau ketua TKN itu di kalangan Sekjen belum ada informasi yang khusus, tapi akan diumumkan dalam satu dua hari ini,” ucapnya.

(Baca: Ketua Tim Kampanye Diumumkan Besok, Ma’ruf Sebut Nama Erick Thohir)

Rofiq menjelaskan di tingkat sekjen partai pendukung, nama Ketua TKN tidak pernah dibahas. Pasalnya para sekjen menyadari kewenangan untuk menentukan dan mengumumkan Ketua TKN ada di tangan Jokowi.

“Karena memang dari awal itu komunikasi para sekjen ini kan menyampaikan bahwa soal ketua tim sukses itu memang harus menunggu pengumuman secara resmi, nah soal nama itu tidak pernah dibahas sama sekali,” terang Rofiq. (ikbal/yp)