Wednesday, 14 November 2018

Jamaah itu Artinya?

Jumat, 7 September 2018 — 5:59 WIB
korupsi jamaah

SESUATU yang berjamaah memang sangat dianjurkan. Dalam agama Islam, misalnya, salat berjamaah sangat utama. Terutama kaum pria, harus meramaikan suro, langgar, musolah dan mesjid.

Hari Jumat, boleh dilihat di semua masjid pasti penuh oleh jemaah, kadang luber sampai ke halaman dan jalan. Buya Hamka, ulama besar Indonesia, juga menginginkan masjid-masjid bisa penuh setiap waktu salat wajib, seperti Salat Jumat.

Sudahkah? Ya, gerakan salat berjamaah sudah mulai menggeliat di mana-mana. Terutama salat subuh, yang sangat berat. Tapi, kegiatan ini sudah cukup menggembirakan. Artinya jumlah shaf sudah mulai banyak. Jika sebelumnya di satu musalah, hanya ada satu baris, itu pun nggak penuh, sekarang sudah ada tiga sampai empat baris.

Jamaah artinya adalah berkumpul. Jadi di mana saja orang berkumpul, di pasar, di lapangan, mereka berkumpul untuk melakukan kegiatan, secara bersama-sama. Soal mengerjakan apa, ya tergantung,yang dilakukan secara bersama-sama  atau gotong royong. Nenek moyang kita, sangat terkenal dengan gotong royong, saling membantu dan dilakukan secara massal.

Misalnya membuat rumah, mengerjakan sawah, secara gotong royong. Dan itu berat bisa menjadi ringan. Lihat saja semut, mereka kecil tapi bisa mengangkat beban yang besar secara bersama-sama.

Tapi, mohon maaf ya, dalam hal kejahatan jangalah dilakukan berjamaah, seperti yang terjadi di lembaga terhormat, DPRD Malang? Korupsi kok berjamaah. Sampai habis tuh anggota DPRD digiring masuk sel KPK.

Kasihan dong, rakyat yang memilih mereka, kalau mau minta bantuan, masa harus ramai-ramai datang ke KPK? Buat membela dirinya saja lagi bingung, Mas?

Ah. Bagaimana ini? Nggak tahulah.Tanyakan saja pada rumput yang bergoyang?  Рmassoes