Friday, 16 November 2018

Lubang Misterius Gegerkan Warga Sukabumi

Jumat, 7 September 2018 — 17:34 WIB
Lubang hitam tiba-tiba muncul di areal sawah di Desa Sukamaju, Kadudampit, Sukabumi.

Lubang hitam tiba-tiba muncul di areal sawah di Desa Sukamaju, Kadudampit, Sukabumi.

SUKABUMI – Fenomena alam penuh misteri terjadi di Kampung Legoknyenang RT 05/02, Desa Sukamaju, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Misterinya yakni adanya lubang hitam berdiamter 5 hingga 6 meter muncul tiba-tiba di tengah areal pesawahan.

Sontak saja, peristiwa aneh yang terjadi pada Kamis (06/09/2018) sekira pukul 11.40 WIB itu cukup menghebohkan warga. Terlebih setelah sejumlah warga mem-postingnya di sejumlah media sosial.

“Ini pertama kali, aneh juga tiba-tiba sawah amblas. Tak ada hujan dan angin waktu itu. Kalau yang namanya longsor kan biasanya di pinggiran, ini tiba-tiba saja amblas enggak tahu ada apa di bawahnya,” terang warga, Hamdan Agustian, Jumat (07/09/2018).

Camat Kadudampit, Zaenal Abidin memaparkan pihaknya beserta jajaran Pemdes didampingi Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Sukabumi telah meninjau ke lokasi lubang hitam dengan kedalaman sekitar enam meter tersebut.

lubanglagi

“Faktor penyebabnya masih kita dalami. Apakah ada kaitannya dengan musim kemarau saat ini atau akibat faktor lainnya. Ini belum bisa kita pastikan, nanti saya kabari lagi,” singkatnya.

Pengamatan di lokasi, Jumat sejumlah warga masih berdatangan ke lokasi karena penasaran dengan kejadian yang dinilai aneh itu. Tak sedikit dari mereka mempotretnya menggunakan ponsel.

Warga lainnya, Yogi Prayoga (23) menuturkan pada saat kemunculan lubang misterius itu terdengar suara dentuman keras seperti ada tanah longsor. Saat itu, dia tengah berada di rumahnya yang berjarak sekitar 50 meter dari lubang itu.

“Waktu itu saya di rumah mendengar suara dentuman dan ada getarannya juga,” terang Yogi.

Tanpa pikir panjang, dia langsung mengecek sumber dentuman itu. Ternyata ada tanah amblas di tengah sawah berbentuk bulat. Awalnya, diameter lubangnya sekitar empat meter dengan kedalaman sekitar tiga meter.

“Tadi malam kayanya amblas lagi. Soalnya diameternya membesar dan lebih dalam,” ujarnya.

Pengelola sawah berlubang, Cecep Sudirman (60) menjelaskan total luasan lahan sawah berlubang sekitar 200 meterpersegi. Namun yang berlubangnya sekitar berdiameter 6 meter dengan kedalaman enam meter.

“Iya lubang itu di sawah yang saya sewa. Dan baru saja ditanami padi sekitar sepuluh hari lalu,” tukas Cecep. (sule/b)