Tuesday, 18 September 2018

Paraguay Pindahkan Kedubes ke Tel Avis, Wapres AS Ingatkan Tentang Komitmen

Jumat, 7 September 2018 — 14:36 WIB
Wapres AS, Mike Pence. (reuters)

Wapres AS, Mike Pence. (reuters)

AMERIKA SERIKAT – Wakil Presiden AS, Mike Pence, mendesak presiden baru Paraguay untuk tetap berpegang pada keputusan pendahulunya, dan kembali memindahkan kedutaannya ke Yerusalem.

Seperti diketahui, Paraguay  memindahkan kembali Kedutaan Besarnya ke Tel Aviv setelah sempat berada di yerussalem. Menurut Menteri Luar Negeri Paraguay, Luis Alberto Castiglioni, keputusan tersebut diambil karena Paraguay dibawah pimpinan presiden baru, Mario Abdo Benitez ingin berkontribusi lebih intensif terhadap perdamaian di Timur Tengah.

“Paraguay ingin berkontribusi pada intensifikasi upaya diplomatik regional untuk mencapai perdamaian yang luas, adil dan abadi di Timur Tengah,” ujar Luis Alberto dilansir Reuters.

Sementara itu, Wapres Pence mengingatkan komitmen Paraguay.  “komitmen Paraguay untuk pindah ke Jerusalem adalah tanda hubungan bersejarah yang dimiliki negara itu dengan Israel dan Amerika Serikat,” ujar Pence.

Seperti diketahui, Mantan Presiden Paraguay Horacio Cartes membuka kedutaan baru di Yerusalem pada 21 Mei, hanya beberapa hari setelah Amerika Serikat dan Guatemala melakukannya. (mb)