Monday, 24 September 2018

Italia Nyaris Kalah dari Tamunya Polandia

Sabtu, 8 September 2018 — 5:25 WIB
Jorginho jadi algojo saat melakukan tendangan penalti ke gawang Polandia (reuters)

Jorginho jadi algojo saat melakukan tendangan penalti ke gawang Polandia (reuters)

ITALIA– Italia nyaris kalah dari Polandia saat menjamu Polandia pada babak penyisihan Grup 3 Liga Negara UEFA di Stadio Dall’Ara Bologna, Sabtu (8/9) dini hari WIB.

Gli Azzuri selamat dari kekalah berkat gol Jorginho menit ke-78 lewat tendangan penalti sehingga kedudukan akhirnya 1-1. Pasalnya sebelumnya Polandia berhasil unggul menit ke-40 lewat gol Zielinski.

Roberto Mancini, pelatih anyar Italia membuat perubahan dengan bermain lewat formasi 4-3-3. Mancini memberi kesempatan debut starter kepada pemain Fiorentina, Cristiano Biraghi di posisi bek kiri . Jorginho didapuk sebagai pengatur serangan dari lini tengah.
Nyatanya meski jadi tuan rumah, Italia sulit mengatasi serangan Polandia. Bahkan pada menit ke-30 nyaris kebobolan beruntung kiper , Gianluigi Donnarumma mampu melakukan penyelamatan krusial saat mengagalkan peluang satu lawan satu dari Piotr Zielinski.

Bahkan akhirnya gawang Italia bobol menit ke-40. Gelandang Napoli, Zielinski berdiri bebas di dalam kotak penalti dan dengan mudah menyambar umpan silang dari Robert Lewandowski. Gol itu satu-satunya yang tercipta pada babak pertama.

Tertinggal 0-1, memasuki babak kedua, Italia berbalik menguasai pertandingan.. Masuknya Federico Chiesa yang menggantikan Lorenzo Insigne membawa dampak baik.

Italia terus mengurung pertaanan Polandia mencari gol penyeimbang, Dan akhirnya menit ke-78, Italia akhirnya mampu membalas.

Berawal ketika pemain Polandia Jakub Blaszczykowski menjatuhkan Chiesa di kotak terlarang. Wasit lalu menunjuk titik putih dan Jorginho sukses menjalankan tugasnya dan berhasil menjebol gawang Lukasz Fabianski.

Pada sisa waktu yang ada kedua tim memperagakan jual beli serangan, namun Polandia tampak lebih dominan. Sayang tidak ada lagi gol yang tercipta sehingga kedudukan akhir tetap 1-1.

Dengan hasil ini baik Italia maupun Polandia akhirnya sama-sama mengemas poin satu. Portugal menjadi lawan berikutnya Italia dan Polandia. (b)