Saturday, 17 November 2018

Menjamu Spanyol, Inggris ada Dalam Tekanan

Sabtu, 8 September 2018 — 7:39 WIB
Harry Kane  dan pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate saat memberikan keterangan pers (reuters)

Harry Kane dan pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate saat memberikan keterangan pers (reuters)

INGGRIS – Catatan impresif di ajang Piala Dunia 2018 di Rusia, membuat tekanan Tim ‘Tiga Singa’ Inggris semakin besar kala menjamu Tim ‘Matador’ Spanyol dalam ajang UEFA Nations League (UNL) zona A Grup 4 di Stadion Wembley, Minggu (9/9) pukul 01:45 WIB.

Tiga Singa wajib menjaga reputasi mereka di depan publik sendiri jika tak mau menerima cibiran usai dipuji setinggi langit pasca Piala Dunia 2018.

Di bawah asuhan Gareth Southgate, Inggris mampu melampaui semua perkiraan awal dengan menembus babak semifinal. Tiga Singa sukses merebut posisi keempat setelah disingkirkan Kroasia di fase semifinal dan takluk dari Belgia pada perebutan tempat ketiga.

Dengan komposisi yang didominasi oleh pemain muda, pencapaian mereka pun mendapat pujian dari sebagian besar masyarakat negeri Ratu Elizabeth tersebut. Bomber Tottenham Hotspur, Harry Kane bahkan masih belum bisa melupakan hasil yang mengesankan di Rusia.

JADI KUNCI

Menurutnya, keseriusan yang diperlihatkan ia dan rekan-rekannya selama di Rusia, menjadi kunci utama keberhasilan Tiga Singa merebut posisi keempat. Terutama saat mereka mampu melenggang ke babak semifinal usai mendepak Kolombia.

“Itu adalah sebuah malam yang luar biasa, kami bisa membuktikan bahwa kami punya kemampuan untuk melakukan itu, meski di antara kami tidak memiliki banyak pengalaman di kompetisi elit dunia. Sekarang kami harus melakukan itu sekalilagi di ajang ini (UNL),” kata Kane seperti dikutip Sky Soorts.

Sebelum duel Inggris kontra Spanyol, beberapa laga sudah lebih dulu digelar. Jerman bermain imbang tanpa gol kontra Prancis di Grup 1 zona A. Ukraina kalahkan Republik Ceko 2-1 di zona B Grup 1. Wales gilas Republik Irlandia 4-1 di zona B Grup 4. Bulgaria kalahkan Slovenia di zona C Grup 3. Di zona D Grup 1, Georgia tekuk Kazakhstan 2-0 dan Latvia ditahan Andorra. Sedangkan di zona D Grup 4, Armenia kalahkan Liechtenstein 2-1 dan Makedonia tekuk Gibraltar 2-0. (junius/bu)