Sunday, 23 September 2018

Pendiri Alibaba, Jack Ma Umumkan Pensiun

Sabtu, 8 September 2018 — 11:27 WIB
Jack Ma. (reuters)

Jack Ma. (reuters)

CHINA – Pendiri dan Ketua eksekutif Alibaba Group Holding Ltd. (BABA.N) Jack Ma, mengumumkan akan mundur dari perusahaan e-commerce terbesar tersebut secara resmi pada Senin (10/9/2018).  Ia memilih untuk fokus pada filantropi dan pendidikan.

New York Times melansir, Ma, akan tetap di papan direktur perusahaan dan terus mengawasi manajemen perusahaan. Belum jelas apakah perusahaan akan menunjuk pemimpin baru.

Ma, sebagai orang terkaya ketiga di China dalam daftar majalah Forbes, mengatakan,  “Melakukan pensiun bukanlah akhir dari sebuah era, tapi ‘awal sebuah era’,” ujarnya.

Kekayaan pribadi Jack Ma meningkat seiring dengan peningkatan nilai perusahaan yang mencapai US$420,8 miliar berdasarkan harga sahamnya saat bursa ditutup pada Jumat (7/9/2018).

Jack Ma dinobatkan menjadi orang terkaya di China setelah IPO Alibaba mencapai rekor US$25 miliar pada September lalu.  Ma, yang tepat berusia 54 tahun pada Senin mendatang, saat ini tengah mengawasi sejumlah proyek amal di bidang pendidikan dan lingkungan.

Sebelum mendirikan Alibaba pada 1999, Ma adalah seorang guru bahasa Inggris. (mb)