Tuesday, 20 November 2018

UEFA Nations League

Tim ‘Ayam Jago’ Wajib Buktikan Diri Sebagai Jawara Piala Dunia 2018

Sabtu, 8 September 2018 — 14:34 WIB
reuters

reuters

PRANCIS – Setelah gagal meraih kemenangan di laga perdana, Tim ‘Ayam Jago’ Prancis wajib membuktikan kapasitas mereka sebagai jawara Piala Dunia 2018.

Hal itu akan diusung skuad asuhan Didier Deschamps kala menjamu Tim ‘Oranye’ Belanda dalam lanjutan UEFA Nations League zona A Grup 1 di Stade de France, Senin (10/9/2018) pukul 01:45 WIB.

Kapasitas Prancis sebagai jawara Piala Dunia 2018, mulai diragukan setelah mereka gagal mencetak satu pun gol saat menghadapi Jerman yang berakhir imbang tanpa gol di Allianz Arena, Jumat (7/9/2018) dinihari WIB.

Deschamps bahkan tidak mampu menyembunyikan kekecewaannya usai laga tersebut. Apalagi Ayam Jago datang dengan komposisi para pemain yang tidak jauh berbeda saat mereka merengkuh trofi Piala Dunia 2018 di Rusia bulan Juli lalu. Satu-satunya letak perbedaan itu hanya terdapat pada posisi penjaga gawang.

Ousmane Dembele yang dipercaya untuk menggantikan posisi Hugo Lloris, harus jatuh bangun untuk menahan gempuran yang dibangun Timnas Jerman. Beruntung, skor imbang tanpa gol bertahan hingga laga usai.

“Pertandingannya hampir setara, walau di beberapa kesempatan pertahanan kami lebih baik dan di sisi lain Jerman masih lebih baik dalam menyerang. Ada beberapa kesalahan teknis dalam penguasaan bola. Padahal, semua pemain berada di kondisi fisik terbaik. Mereka berusaha mengamankan hasil imbang,” ungkap Deschamps seperti dikutip TF1.

Deschamps lantas berharap kesalahan yang sama tidak boleh terulang kala timnya menjamu Belanda, Senin (10/9) dinihari nanti.

Ia bahkan menargetkan timnya harus bisa meraih kemenangan di depan publik sendiri.

“Meski demikian hasil ini (melawan Jerman) menjadi modal yang bagus bagi kami untuk menghadapi laga berikutnya (melawan Belanda). Kami akan memulihkan diri dan dalam tiga hari kami harus bisa melupakan trauma (melawan Jerman). Tentu target kami adalah untuk meraih kemenangan melawan Belanda,” tegasnya.

Saat ini, Prancis sendiri masih memimpin zona A Grup 1 UEFA Nations League dengan satu angka, disusul Jerman di posisi kedua. Di sisi lain, hal itu menjadi momentum bagi Belanda untuk mencuri start dan memimpin zona A Grup 1 dengan membawa pulang tiga angka.

Reformasi yang dilakukan Tim Oranye di bawah asuhan Ronald Koeman pasca absen di Piala Dunia 2018, setidaknya sudah cukup membuktikan awal kebangkitan mereka untuk membuat gebrakan di panggung Eropa.

Kemenangan 2-1 atas Peru dalam laga ujicoba, Kamis (6/9) lalu semakin mempertegas kesiapan Belanda untuk mengejutkan sang jawara Piala Dunia 2018 tersebut.

Pada laga sebelumnya di zona A Grup 3, Italia ditahan Polandia 1-1. Sementara di zona B Grup 2, Rusia sukses kalahkan Turki 2-1. Di zona C Grup 1, Albania kalahkan Israel 1-0. Masih di zona C Grup 4, Lithuania menyerah 0-1 dari Serbia dan Rumania ditahan Montenegro tanpa gol. Sedangkan di zona D Grup 3, Azerbaijan ditahan Kosovo tanpa gol dan Kepulauan Faroe gilas Malta 3-1. (junius/tri)