Wednesday, 19 September 2018

Hadapi Musim Hujan, Pasukan Biru Kuras 1.580 Saluran

Minggu, 9 September 2018 — 12:39 WIB
Pasukan biru SDA Jakbar menormalisasi saluran di Jalan Semangka II, Kelurahan Jatipulo, Kecamatan Palmerah. Normalisasi sebagai tindak lanjut aspirasi warga. (rachmi)

Pasukan biru SDA Jakbar menormalisasi saluran di Jalan Semangka II, Kelurahan Jatipulo, Kecamatan Palmerah. Normalisasi sebagai tindak lanjut aspirasi warga. (rachmi)

JAKARTA – Mengantisipasi banjir dan genangan saat musim hujan, Suku Dinas (Sudis) Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Barat menggenjot pengurasan saluran. Hingga awal September, pasukan biru menggempur saluran di 1.580 lokasi dengan volume lumpur sekitar 25.761 M3.

“Di saat musim kemarau, normalisasi saluran untuk mengatasi banjir dan genangan menjadi prioritas. Kami berpacu dengan waktu,” kata Kepala Sudis SDA Jakbar, Imron, Minggu (9/9/2018).

(BacaPenutup Saluran Air di Underpass Mampang Kembali Hilang)

Dari delapan kecamatan di Jakbar, tim andalan lapangan yakni pasukan biru sudah membenahi 1.580 saluran dengan menguras lumpur berkisar 25.761 m3. Jumlah normalisasi berupa pengurasan tersebut bakal terus bertambah.

Imron menjelaskan dari ribuan saluran yang dipermak itu di antaranya di Jalan Semangka II, Kelurahan Jatipulo, Kecamatan Palmerah. Saluran tersebut akan dinormalisasi sepanjang 900 meter persegi dan lebar 60 cm yang terhubung dengan saluran penghubung eksisting.

“Kami merespon aspirasi warga. Normalisasi saluran di Jalan Semangka II merupakan tindak lanjut permintaan masyarakat agar genangan teratasi,” ujar Imron.

(Baca: Awas, Ada ‘Hiu’ Galak di Saluran Irigasi di Bekasi)

Pembenahan saluran di Jalan Semangka II ditargetkan 1,5 bulan dengan pemasangan u-ditch. Meski kontrak kerja berakhir pada Desember. Adapun pengerukan saluran itu sepanjang sekitar 90 meter lari. (rachmi/ys)