Thursday, 20 September 2018

Spanyol Bekuk Tuan Rumah Inggris 2-1

Minggu, 9 September 2018 — 5:40 WIB
Rodrigo rayakan gol ke gawang Inggris (reuters)

Rodrigo rayakan gol ke gawang Inggris (reuters)

INGGRIS– Pelatih Timnas Spanyol Luis Enrique membawa harapan baru untuk negeri matador tersebut. Ini dibuktikan ketika Spanyol mampu menekuk Inggris 2-1 pada pertandingan pembuka di penyisihan Grup 4 UEFA Nations League di Wembley, Minggu (9/9/2018) dini hari WIB.

Tuan rumah Inggris sebetulnya sempat unggul pada menit ke-11 lewat gol Marcus Rashford namun langsung dibalas dua kali oleh Spanyol lewt gol Saul menit ke-13 dan Rodrigo menit ke-32.

Dengan hasil ini, Spanyol berada di peringat atas Grup 4 dengan mengemas tiga nilai.
Di pertandingan kedua pada Selasa mendatang, Spanyol akan berjumpa dengan Kroasia, .

Tentu bagi Inggris kekalahan ini jadi pukulan. Selain sebagai tuan rumah, juga mereka ada peringkat keempat Piala Dunia 2018 sedangkan Spanyol suda gugur di babak `16.
Awalnya Inggris sempat membawa harapan bagi pendukungnya ketika pada menit ke-11 mampu unggul cepat. Berawal dari kerjasama Luke Shaw yang memberikan umpan manis kepada Rashford yang berada di kotak penalti. Dan dengan jitu pemain Manchester United itu mampu menjebol gawang David de Gea.
Hanya saja sambutan meriah pendukung Inggris tidak berlangsung lama, Sebab dua menit kemudian Spanyol mampu menyamakan kedudukan.

Gol itu tercipta ketika Rodrigo melepaskan umpan silang ke kotak penalti Three Lions dan bola mengarah ke Saul lalu dengan cerdik pemain Atletico Madrid itu mampu menjebol gawang yang dijaga Jordan Pickford
Memasuki menit ke-25, Inggris nyaris menyamakan kedudukan ketika Harry Kane menyundul bola meneruskan tendangan bebas Kieran Trippier. Sayang De Gea mampu mengantisipasinya dengan baik.

Inggris terus menekan dan giliran Dele Alli menyia-nyiakan peluang dari luar kotak penalti menit ke-28

Keasyikan menyerang justru Inggris kebobolan lagi pada menit ke-32. Berawal dari tendangan pojok yang dilakukan Thiago dan Rodrigo mampu memaksimalkannya dengan jitu yang membuat penonton tuan rumah bungkam.

Memasuki babak kedua, Spanyol kembali mengancam ketika menit ke-55 Thiago melepaskan tendangan voli, namun hanya tipis di atas mistar gawang Inggris.

Pada menit ke-81, Rashford memiliki peluang bagus untuk menyamakan kedudukan, namun tembakannya mampu diamankan De Gea.

Rashford mampu beberapa kali merepotkan De Gea yang juga satu tim dengan di MU tersebut. Namun kali ini David de Gea justru jadi pahlawan Spanyol termasuk ketika dia mampu menggagalkan sundulan Harry Maguire memanfaatkan sepak pojok Trippier.

Di masa injury time menit kedelapan, Danny Welbeck sempat memasukkan bola ke dalam gawang dari jarak dekat setelah menaklukkan De Gea, namun gol tidak disahkan karena sang striker dianggap melakukan pelanggaran terlebih dahulu.

Hingga pertandingan berakhir, Spanyol menjaga keunggulan 2-1 sebagai kemenangan pertama bagi Luis Enrique.(B)