Saturday, 17 November 2018

Sutradara Damien Dematra Dianugerahi Gelar Kanjeng Pangeran

Senin, 10 September 2018 — 8:47 WIB
Demien Dematra meraih gelar dari  Keraton Solo atas prestasinya dan dedikasinya terhadap budaya. (ist)

Demien Dematra meraih gelar dari Keraton Solo atas prestasinya dan dedikasinya terhadap budaya. (ist)

SOLO – Prestasi, dedikasi dan kesetiaannya pada dunia seni, mengantarkan sutradara Damien Dematra mendapatkan gelar dari Keraton Surakarta Hadiningrat sebagai Kanjeng Pangeran.

Gelar bangsawan Kanjeng Pangeran diberikan atas prestasi dan kontribusi besar Damien Dematra dalam dunia penyutradaraan, kebudayaan dan kemanusiaan.

Damien dikenal sebagai sutradara, aktivis, penulis, pelukis, fotografer, produser yang telah memperoleh lebih dari 500 penghargaan internasional sejak tahun 1990an. Disamping itu, dia juga pemegang 16 rekor dunia.

Damien terpilih sebagai Sutradara Terbaik di Mountain Film Festival selama dua tahun berturut-turut, Sutradara Asia Pertama pemenang Sutradara Terbaik dari American Movie Awards.

Kanjeng Pangeran adalah gelar tertinggi yang dapat diberikan kepada orang yang berasal dari luar keraton.

“Saya merasa terhormat dan tersanjung atas gelar ini. Semoga kedepannya saya dapat terus berprestasi dan mengangkat budaya Indonesia di kancah internasional,” Damien.

Selain dalam bidang film, ia juga kerap aktif sebagai humanitarian dan budayawan. Sebagai humanitarian, Damien mendirikan festival film perdamaian yang telah berlangsung selama 8 tahun dan dianggap sebagai salah satu festival film perdamaian terbesar di dunia.

Selain itu, Demien juga merupakan pendiri dari Gerakan Peduli Pluralisme. Sebagai budayawan, Damien kerap aktif mempromosikan budaya Indonesia di dalam dan luar negeri.(ali/mb)