Friday, 21 September 2018

Giliran Portugal Mempermalukan Italia

Selasa, 11 September 2018 — 5:37 WIB
Timnas Portugal saat mengalahkan Italia 1-0 (reuters)

Timnas Portugal saat mengalahkan Italia 1-0 (reuters)

PORTUGAL- Roberto Mancini belum mampu meramu Timnas Italia agar lebih moncer. Buktinya setelah sebelumnya ditahan imbang oleh Polandia, kini Gli Azzurri justru tumbang dari Portugal 1-0 pada babak penyisihan Grup 3 laga Nation League.

Pada laga yang dihelat di Estádio do Sport Lisboa e Benfica (da Luz) Selasa (11/9/2018) dinihari WIB tuan rumah Portugal unggul berkat gol Andre Silva menit ke-48.

Dengan demikian Portugal untuk sementara jadi pemuncak klasemen Grup 3 dengan nila tiga, sedangkan Italia jadi juru kunci karena hanya mengemas nilai satu sama dengan Polandia yang berhak di peringkat kedua.

Portugal akan menghadapi Polandia pada laga berikutnya.

Tampil tanpa Cristiano Ronaldo, Portugal mampu menguasai jalannya pertandingan sejak menit awal. Juara Piala Eropa itu sudah mengancam ketika laga baru berlangsung menit kelima lewat sepak pojok. Umpan Ruben Neves disambut sundulan William Carvalho yang berdiri cukup bebas .

Setelah itu Andrea Romagnoli harus bersusah payah melakukan sapuan dari garis gawang untuk menghindarkan timnya dari kecolongan.

Memang meski banyak peluang namun Portugal belum mampu menjebol gawang tim tamu hingga babak pertama berakhir. Ini karena kipet Italia Donnarumma bermain cemerlang.
Namun memasuki babak kedua ketika laga baru berlansung dua menit Portugal akhirnya mampu memecah kebuntuan. Lewat serangan cepat, Bruma memberi umpan kepada Andre Silva di kanan. Silva menyelesaikannya dengan tembakan kaki kiri ke pojok kiri gawang.

Portugal kembali mengancam di menit ke-53. Bernardo melepaskan tembakan keras yang dengan gemilang ditepis oleh Donnarumma.

Sementara terus kesulitan mengembangkan permainan, Italia kembali tertekan. Donnarumma lagi-lagi melakukan penyelamatan di menit ke-69, saat harus menepis sepakan Pizzi dan mengamankan bola yang memantul.

Italia mendapatkan peluang dari sepak pojok di menit ke-78. Sundulannya masih melambung di atas mistar gawang. Sundulan Mattia Caldara meneruskan umpan Emerson Palmieri pada menit ke-83 masih melenceng.

Portugal kembali menebar ancaman di menit ke-86. Kali ini lewat Renato Sanches, yang tendangannya masih bisa dihalau oleh Donnarumma. Tak ada lagi gol tercipta hingg waktu penuh.
Hingga laga berakhir, beruntung bagi laskar Roberto Mancini yang hanya kebobolan satu gol. Meski demikian Portugal berhak dengan tiga poin.(b)