Saturday, 22 September 2018

Petinggi PAN Ini Membelot Dukung Jokowi-Ma’ruf

Selasa, 11 September 2018 — 12:31 WIB
Asrul Sani, Sekjen Partai Persatuan Pembangunan. (ikbal)

Asrul Sani, Sekjen Partai Persatuan Pembangunan. (ikbal)

JAKARTA – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Arsul Sani, mengklaim seorang petinggi Partai Amanat Nasional (PAN) memilih mendukung Joko Widodo – Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019. Arsul mengungkapkan petinggi PAN tersebut adalah Soetrisno Bachir yang merupakan Ketua Majelis Penasihat PAN.

Menurutnya, masuknya Soetrisno di gerbong Jokowi – Ma’ruf bukan hal yang mengejutkan. Pasalnya Soetrisno sudah menyatakan dukungan sejak lama kepada Jokowi. Mantan Ketua Umum PAN itu juga bagian dari pemerintahan. Soetrisno menjabat Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN).

Bahkan posisinya tidak goyah, berbeda dengan Asman Abnur yang harus terdepak dari kursi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) karena partainya bergabung dengan koalisi pengusung Prabowo Subianto – Sandiaga Uno.

“Kalo dari PAN, kan insyaa Allah Soetrisno Bachir, dkk tetap dukung Pak Jokowi. Pak SB kan dari dulu pendukung Pak Jokowi,” katanya kepada wartawan, Selasa (11/9/2018).

Arsul menerangkan meski di kubunya, Soetrisno tidak masuk dalam Tim Kampanye Nasional (TKN). Soetrisno, imbuhnya, akan menjadi semacam influencer bagi tim kampanye.

“Kan beliau-beliau yang mendukung tidak harus secara formal ada dalam struktur TKN, apalagi setelah masuk masa kampanye maka TKN nggak bisa diubah. Bagi kami yang penting beliau-beliau itu bergabung dan memberikan masukan-masukan baiknya,” tandas Arsul.

Fenomena pembelotan atas kebijakan partai tidak hanya dilakukan Sutrisno. Sebelumnya sejumlah kepala daerah asal Partai Demokrat juga menyatakan dukungan kepada Jokowi-Ma’ruf. Namun pembelotan kader Demokrat justru ‘direstui’ partai bentukan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu dengan memberikan dispensasi. (ikbal/yp)