Saturday, 22 September 2018

Portugal Kalahkan Italia 1-0, Pembuktian Andre Silva

Selasa, 11 September 2018 — 21:14 WIB
Andre Silva, pencetak gol di laga Portugal menghadapi Italia (reuters)

Andre Silva, pencetak gol di laga Portugal menghadapi Italia (reuters)

PORTUGAL – Penyerang Timnas Portugal, Andre Silva, membuktikan kepada publik Italia bahwa ia adalah penyerang yang bisa diandalkan. Hal itu ia buktikan setelah sukses mencetak satu-satunya gol penentu kemenangan Portugal atas Italia 1-0 dalam ajang UEFA Nations League di Estadio da Luz, Selasa (11/9) dinihari WIB.

Gol yang dicetak Silva menit ke-48, seolah membuktikan bahwa ia layak diperhitungkan setelah sempat dihujani kritik oleh publik Italia, terutama fans AC Milan, musim lalu.
Silva yang diboyong oleh Milan dari FC Porto musim lalu, hanya mencetak dua gol dari 24 laga di Serie A Italia. Mahar yang dibayarkan Milan sebesar 22 juta euro dianggap tidak sebanding dengan kontribusi Silva bersama klub kota mode di Italia tersebut. Menanggapi hal itu, mantan penyerang Fiorentina, Nuno Gomes pun buka suara.

“Dia (Andre Silva) datang di tengah periode sulit bagi klub. Saat Anda adalah pemain muda dari luar negeri yang tidak mengenal sekitar tim dengan sangat baik dan dilihat sebagai penyelamat bagi fans, biasanya dia akan tampil tidak sesuai harapan, Dia bukan tipikal Pippo Inzaghi bernomor 9, akan tetapi dia seorang penyerang yang banyak bergerak, mencoba untuk memberi umpan di sekitar dan sering menghadirkan assist bagi rekan yang lain. Dia tipe pemain yang hanya akan melakukan penyelesaian di kotak penalti. Hanya begitu,” tandasnya.

Ucapan Gomes itu pun dibuktikan Silva. Sejak hijrah ke klub La Liga Spanyol, Silva mulai menunjukkan tajinya. Termasuk dengan mencetak gol penentu kemenangan Portugal atas Italia, dinihari kemarin. “Saya tidak pernah berpikir bahwa itu (golnya) menjawab keraguan mereka (publik Italia) terhadap saya. Saya hanya berusaha untuk memberikan dan melakukan yang terbaik dengan apa yang saya bisa untuk tim (Portugal). Tapi saya senang karena gol itu memberikan kemenangan bagi kami,” kata penyerang Sevilla tersebut.

Lebih lanjut, Silva juga mengaku sudah melupakan masa-masa sulitnya sewaktu masih memperkuat AC Milan. “Saya sudah tidak memikirkan tentang apa yang saya alami selama di Italia. Sekarang saya hanya ingin melakukan apa yang terbaik semampu saya untuk Sevilla dan juga Portugal. Saya pikir (kemenangan) ini adalah hasil yang bagus buat saya dan juga tim,” lanjut Silva seperti dikutip Elmundo Deportivo.

Dengan kemenangan itu, Portugal memimpin Grup 3 zona A dengan tiga angka dari satu laga. Sementara Polandia menempel di posisi kedua dengan satu angka dari satu laga. Sedangkan Italia menjadi juru kunci dengan raihan satu angka dari dua laga yang sudah mereka lakoni.
Hasil ini sekaligus menjadi pukulan telak bagi Italia yang juga belum menunjukkan kebangkitan pasca absen di Piala Dunia 2018. Selanjutnya, UNL akan kembali digelar pada bulan Oktober mendatang.

Pada laga lainnya di zona B Grup 2, Turki kalahkan Swedia 3-2. Di zona C Grup 1,Skotlandia tekuk Albania 2-0. Di zona C Grup 4, Serbia ditahan Rumania 2-2 dan Montenegro tekuk Lithuani 2-0. Di zona D Grup 1, Andorra ditahan Kazakhstan 1-1. Di zona D Grup 3, Kosovo lipat Kepulauan Faroe 2-0 dan Malta ditahan Azerbaijan 1-1. (junius/b)