Monday, 24 September 2018

Tersinggung, Nasdem Ancam Penjarakan Rizal Ramli

Selasa, 11 September 2018 — 15:37 WIB
Ketua Bappilu Partai NasDem,  Effendy Choirie bersama Ketua DPP Partai NasDem, Syahrul Yasin Limpo dan Wakil Ketua Badan Hukum Partai NasDem,  Hermawi Taslim saat menyikapi fitnah saudara Rizal Ramli kepada Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di Kantor DPP Partai NasDem,  Jakarta(Ikbal)

Ketua Bappilu Partai NasDem, Effendy Choirie bersama Ketua DPP Partai NasDem, Syahrul Yasin Limpo dan Wakil Ketua Badan Hukum Partai NasDem, Hermawi Taslim saat menyikapi fitnah saudara Rizal Ramli kepada Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di Kantor DPP Partai NasDem, Jakarta(Ikbal)

JAKARTA – Partai Nasional Demokrat akan melayangkan somasi terhadap mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli (RR). Rizal Ramli dinilai telah merendahkan martabat dan kehormatan Nasdem dan Ketua Umum Nasdem, Surya Paloh melalui pernyataannya di stasiun televisi nasional pada 4 September dan 6 September 2018 lalu.

Ketua DPP Nasdem, Syahrul Yasin Limpo mengatakan pernyataan Rizal mengesankan bahwa Surya Paloh ikut bermain dalam pembukaan keran impor beberapa bahan pangan.

“Fitnah keji, tidak berdasar, dan mengarah pada pembunuhan karakter seseorang. Dalam pernyataan-pernyataan tersebut, saudara RR juga telah merendahkan martabat seorang Presiden Republik Indonesia yakni Bapak Joko Widodo dengan menggambarkan sosok yang mudah ditekan oleh pihak Iain,” katanya dalam konferensi pers di kantor DPP Nasdem, Jalan Soeroso, Gondangdia, Jakarta Pusat, Selasa (11/9/2018).

(BacaRizal Ramli dan Mahfud MD Makan Siang Bareng, Ini yang Terungkap)

Syahrul menerangkan Surya Paloh tidak pernah turut campur dengan kebijakan impor yang dilakukan pemerintah. Dia menambahkan bos Metro TV itu tidak memiliki bisnis terkait impor beras, impor gula dan impor garam.

“Terkait pernyataan fitnah saudara RR, Nasdem menyampaikan somasi atau peringatan hukum kepada yang bersangkutan untuk menarik pernyataannya,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Badan Adokasi Hukum Nasdem, Hermawi Taslim menyebut telah menemukan dua tindakan pidana yang diduga dilakukan RR, yakni melanggar pasal 310 dan 311 KUHP tentang pencemaran nama baik.

“Yang pertama pasal 310 ayat 1 KUHP dengan sengaja merusak kehormatan orang lain, menuduh melakukan suatu perbuatan yang tuduhan itu telah tersiar. Yang kedua pasal 311 KUHP kejahatan penistaan dengan tulisan. Ini diancam hukuman empat tahun,” paparnya.

(BacaBila Didukung Kader Partai Pro Jokowi-Ma’ruf, Sandi: Saya Jaga Diam-diam)

Somasi akan dikirimkan ke pihak RR pada Rabu (12/9/2018) besok. Jika tidak ditanggapi dengan positif dalam waktu tiga hari, maka langkah hukum berupa pelaporan ke polisi akan ditempuh Nasdem.

“Biasanya 3×24 jam harus direspon positif. Kalau tidak, kami akan lanjut dengan proses hukum. Kami akan lakukan berbagai uapaya hukum yang sah dan legal . Di antaranya lakukan gugatan membuat laporan ke bareskrim dan seterusnya. Tapi kami harap somasi kami direspon demgan akal sehat sebagai tokoh, RR, direspon dengan bermartabat oleh RR agar persoalan ini menjadi pelajaran bagi kita semua,” pungkasnya. (ikbal/ys)