Saturday, 17 November 2018

Bantai Kroasia 6-0, Bukti Tim Matador Makin Moncor

Rabu, 12 September 2018 — 19:52 WIB
Pemain Spanyol  Dani Ceballos dihadang pemain Kroasia Marcelo Brozovic (reuters)

Pemain Spanyol Dani Ceballos dihadang pemain Kroasia Marcelo Brozovic (reuters)

SPANYOL – Di bawah kepelatihan Luis Enrique, Tim ‘Matador’ Spanyol semakin membuktikan performa mereka yang semakin moncor. Hal itu ditandai dengan kemenangan telak yang diraih Spanyol usai membantai runner-up Piala Dunia 2018, Kroasia dengan skor 6-0 dalam lanjutan UEFA Nations League (UNL) di Stadion Martinez Valero, Rabu (12/9/2018) dinihari WIB.

Itu adalah kemenangan beruntun yang diraih Sergio Ramos dan kolega pada zona A Grup 4 UNL. Sebelumnya, Tim Matador bahkan mampu mempermalukan Inggris di Stadion Wembley dengan skor 2-1. Melihat catatan itu, Enrique yang sempat diragukan pada awal-awal jabatannya sebagai pelatih Timnas Spanyol, tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya. Ia bahkan mengaku bahwa Tim Matador sudah tidak bisa lagi dikritik di bawah asuhannya. “Saya senang dengan sikap semua pemain. Semua bersikap sangat bagus,” kata Enrique seperti dinukil Marca.

(BacaAsensio Gemilang, Spanyol Bantai Kroasia 6-0)

“Sulit untuk mengkritik apa yang sudah kami lakukan dalam beberapa laga yang sudah kami lakoni. Kami bermain pada performa yang tinggi. Saya tidak keberatan jika ada yang menentang, tapi saya hampir tidak melihatnya. Kami harus meraih kemenangan lagi, setelah sukses meraihnya melawan Inggris dan Kroasia. Kami berada di jalur yang benar. Tapi, kami masih belum berada di sana. Sekarang adalah waktunya untuk terus bekerja, bukan untuk menanggapi kritikan kepada kami,” tegasnya.

Seperti dilansir El Mundo Deportivo, kritikan tersebut kabarnya lahir setelah Enrique lebih memilih banyak pemain Real Madrid yang mendominasi skuadnya ketimbang para pemain Barcelona. Padahal, Enrique sendiri sejatinya warga Catalan dan juga mantan pelatih Barcelona. Hal itu bahkan bisa terlihat dari susunan pemain yang ia turunkan kala menghadapi Kroasia, dimana ia hanya memainkan satu pemain Barcelona, sementara enam lainnya dari Madrid. “Saya tidak tahu atau saya tidak peduli dengan itu (jumlah pemain Barca dan Madrid),” kilahnya.

(BacaSpanyol Bekuk Tuan Rumah Inggris 2-1)

Menurutnya, para pemain telah menanggalkan kostum kebesaran klub mereka masing-masing bahkan sejak dipanggil untuk memperkuat Timnas. Hasilnya, enam gol berhasil diciptakan Tim Matador lewat aksi Saul Niguez (24″), Marco Asensio (33″), Lovre Kalinic (bunuh diri, 35″), Ramos (57″), Isco (70″), dan Rodrigo (89″). “Mereka adalah pemain Spanyol, tidak lebih. Mereka bukan hanya dari satu tim atau yang lain. Saya hanya melihat kaus timnas Spanyol,” tuntas Enrique.

Dengan hasil itu, Spanyol tetap memimpin zona A Grup 4 dengan enam poin dari dua laga. Sementara Inggris dan Kroasia belum meraih satu pun angka dari satu laga. Pada laga lainnya di hari yang sama, Belgia gilas Islandia 3-0 di zona A Grup 2. Sementara di zona B Grup 3 Bosnia dan Herzegovina kalahkan Austria 1-0. Di zona C Grup 2, Hongaria kalahkan Yunani 2-1 dan Finlandia taklukkan Estonia 1-0. Sedangkan di zona D Grup 2, San Marino menyerah 0-3 dari Luksemburg dan Moldova ditahan imbang tanpa gol oleh tamunya Belarusia. (junius/ys)