Wednesday, 21 November 2018

Datangi Kota Malang, Sandiaga Ajak Anak Muda Ciptakan Lapangan Kerja

Rabu, 12 September 2018 — 14:17 WIB
ist

ist

JAKARTA – Berkunjung ke Kota Malang, Jawa Timur, bakal calon wakil presiden, Sandiaga Salahuddin Uno kembali bercerita proses kehidupannya sebelum menjadi pengusaha sukses dan pernah menjadi korban PHK.

Hal itu disampaikan oleh Sandiaga ketika menjadi narasumber dalam acara diskusi ‘Sharing and Growing’ di Ngalup Coworking Space, Jalan Sudimkro, Lowokwaru, Malang, Jawa Timur, Rabu (12/9).

Dihadapan anak-anak muda yang sebagian merupakan pegiat vloger, youtuber, pelaku startup, dan komunitas industri Kota Malang, mantan wakil gubernur DKI Jakarta tersebut menceritakan pengalaman kewirausahaannya.

“Saya itu awalnya bekerja sebagai profesional. Namun karena krisis global yang terjadi tahun 1998, saya akhirnya di-PHK dan banting setir menjadi pengusaha. Bersama sahabat saya, perusahaan kami yang tadinya hanya 3 orang karyawan lalu berhasil membuka lapangan pekerjaan hingga 30.000 di seluruh Indonesia,” kenang Sandiaga.

Sebagai pelaku wirausaha (entrepreneurship), kata Sandiaga, dia memiliki tiga kunci sukses yang bisa diterapkan. Pertama yaitu membaca buku, berolahraga rutin, dan berguru kepada orang yang lebih berpengalaman.

“Saya selalu punya 4 As sebagai etos kerja dari entrepreneurship yang saya terapkan hingga sekarang, yaitu kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas,” beber Sandiaga.

Tidak hanya itu, seorang pengusaha, lanjut Sandiaga, juga memiliki jiwa kepemimpinan yang lebih baik. Pasalnya, orang tang berjiwa entrepreneurship akan selalu berfikir positif, melihat peluang, dan fokus mengejar target sesuai perencanaan.

Pengusaha muda tersebut mengajak kaum muda dan pegiat ekonomi kreatif untuk menjadi seorang pengusaha yang mampu menciptakan lapangan kerja baru bagi orang lain. Selain itu, Sandiaga berharap kaum milenial mampu beradaptasi dan mampu menjawab kebutuhan zaman.

“Saya ingin anak-anak muda mampu menciptakan lapangan kerja, bukan menjadi para pencari kerja. Kaum millenial harus bisa menjadi entrepreneur sebagai salah satu solusi dalam penciptaan lapangan kerja. Kita bisa bersama-sama membantu menyelesaikan permasalahan bangsa,” tandas dia. (yendhi/yp)