Thursday, 20 September 2018

Genangan di Underpass Kemayoran Disedot

Rabu, 12 September 2018 — 15:01 WIB
Petugas tengah menyedot genangan di underpass Gandhi, Kemayoran. (tarta)

Petugas tengah menyedot genangan di underpass Gandhi, Kemayoran. (tarta)

JAKARTA – Genangan air yang menutup  underpass Gandhi School, Kemayoran yang menghubungkan wilayah Jakarta Pusat dengan Jakarta Utara disedot dengan menggunakan mobil Damkar jenis Water Mist.

Genangan sudah terjadi sejak Minggu (9/9/2018) sehingga memutus akses jalan dua wilayah.

Penyedotan dipimpin Camat Kemayoran, Hery Purnama dan Lurah Kebon Kosong, Syamsul Maarif, Rabu (12/9).

“Penyedotan dilakukan petugas Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan bersama Sudin Bina marga dan Sudin Sumber Daya Air dengan mengerahkan mesin pompa dan mobil pemadam kebakaran,” jelas Hery.

Air genangan yang disedot dialirkan ke saluran menuju Kali Sentiong. Genangan diduga adanya rembesan air tanah karena tidak terjadi hujan. Selain itu menurut keterangan dari pihak Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran (PPKK) pompa di lokasi tersebut rusak.

Dikatakan, underpass Gandhi tersebut merupakan lahan dan kewenangan dari PPKK. Pihaknya hanya membantu dalam mengatasi banjir atau genangan. “Kemungkinan ada rembesan dan ini menjadi tugas dari PPKK untuk mengeceknya,” kata Hery.

Kepala Divisi Pemeliharaan Air PPKK, Hadi Suryadi membenarkan kalau tiga pompa yang ada di underpass rusak karena sampah dari pedagang. “Ada tiga pompa yang rusak, dua ukuran besar dan satu kecil. Pompa tersebut sudah diusulkan diganti,” ujarnya. (tarta/tri)